Mobil Tanpa Pengemudi Melaju Sejauh 5.472 Km Nonstop

Ekspedisi mobil driverless ini melintasi 15 negara bagian.

oleh Yongki Sanjaya diperbarui 06 Apr 2015, 15:11 WIB
Diterbitkan 06 Apr 2015, 15:11 WIB
Mobil Tanpa Pengemudi Sukses Berjalan Sejauh 5.472 Km Non-stop
Ekspedisi mobil driverless ini melintasi 15 negara bagian.

Liputan6.com, California - Ketangguhan teknologi yang dimiliki mobil tanpa pengemudi atau driverless kini memasuki babak pengujian. Kali ini, Audi SQ5 yang didukung teknologi driverless sukses berjalan sejauh 5.472 km selama sembilan hari nonstop.

Melansir laman Cnn, Senin (6/4/2015), Uji coba yang dilakukan oleh perusahaan penyedia perangkat otomotif bernama Delphi tersebut dimulai dari Golden Gate Bridge di San Francisco dan berakhir di Manhattan, New York. Dalam ekspedisi yang melalui 15 negara bagian tersebut, Delphi mengklaim jika proses uji coba yang dilakukannya mencatatkan keberhasilan hingga 99 persen.

Namun begitu, Delphi tetap menyertakan seorang pengemudi pasif selama Audi SQ5 tersebut ketika diuji coba sebagai bentuk memenuhi persyaratan hukum yang ada. Pengemudi ini bertujuan untuk mengendalikan mobil jikalau menemui pejalan kaki atau kendaraan lain yang berpotensi menyebabkan kecelakaan.

"Selama melaju, kendaraan ini menghadapi situasi lalu lintas yang kompleks seperti melewati zona konstruksi, jembatan, terowongan, pengemudi agresif, sampai dengan cuaca yang tak menentu," ujar Delphi dalam pernyataan resminya.

Dijelaskan, Audi SQ5 ini telah ditunjang dengan berbagai teknologi mutakhir layaknya otak manusia seperti radar, mikroprosesor tercanggih, hingga perangkat lunak yang memungkinkan mobil mengambil keputusan seperti keluar-masuk tol ataupun parkir.

Meskipun mencetak prestasi gemilang, Delphi enggan membangun mobil driverless secara mandiri. Pihaknya pun lebih memilih untuk menjual teknologi driverless tersebut kepada pabrikan mobil.

(ysp/ian)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya