Daftar Kendaraan Roda Tiga dari Masa ke Masa (Bagian 1)

Menurut sejarah, kendaraan kendaraan bermotor pertama pada 1800 mengusung roda tiga.

oleh Herdi Muhardi diperbarui 20 Jun 2018, 19:03 WIB
Diterbitkan 20 Jun 2018, 19:03 WIB
Mobil roda tiga
Mobil roda tiga. (Motor1)

Liputan6.com, Jakarta - Mendengar nama kendaraan roda tiga, pasti terbayang dibenak Anda adalah bajaj, bemo, hingga kendaraan bermotor yang memiliki bak terbuka kerap mengangkut barang-barang.

Tak sedikit yang menganggap bahwa kendaraan roda tiga jika cukup aneh namun juga memiliki sisi unik. Hal ini berbeda ketika melihat kendaraan roda empat atau lebih dan juga sepeda motor beroda dua.

Namun jika Anda tahu soal sejarah otomotif di tahun 1800-an, maka kendaraan bermotor pertama mengusung roda tiga.

Meski tak banyak jumlahnya, tapi beberapa pabrikan otomotif rupanya kepincut melestarikan desain kendaraan roda tiga. Bahkan dari tahun ke tahun ada saja kendaraan roda tiga dengan desain yang tak kalah hebat.

Nah kali ini beberapa kendaraan roda tiga dirangkum situs Motor1, antara lain:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Benz Patent-Morgan

Benz Patent-Morgan
Benz Patent-Morgan. (Mercedes-Benz)

Benz Patent-Morgan bisa disebut sebagai nenek moyang dari mobil-mobil masa kini. Benz Patent-Morgan disebut mobil pertama yang dibuat menggunakan mesin pembakaran internal.

Mobil ini juga dibuat oleh Karl Benz pada 1885, yang akhirnya berdirilah merek Mercedes-Benz. Sedangkan Benz Patent-Morgan dibenamkan mesin berkapasitas 1.0 liter, dua langkah yang sanggup memuntahkan daya 0,66 Tk.

 

 


2. Mazda K360

Mazda K360
Mazda K360. (RM Sotheby's)

Keberadaan mobil dengan roda empat memang langsung popular. Namun perlu Anda ketahui pada era 1959, Jepang memiliki kendaraan roda tiga yang popular yaitu Mazda K360.

Ketangguhan mobil ini disebutkan lantaran sanggup membawa beban banyak dan juga dapat melaju di jalan-jalan cukup sempit.

Mazda K360 sendiri didukung mesin dua silinder, dan diklaim mampu mencapai kecepatan 65 km/jam.

Selain Mazda K360, Daihatsu juga memilki mobil dengan bentuk yang mirip, yaitu Midget. Kendaraan ini menjadi cikal bakal bemo di Tanah Air.

 


3. Reliant Regal

Reliant Regal
Reliant Regal. (igcd.net)

Inggris mungkin saat ini dikenal dengan beberapa merek mobil roda empat mewah seperti McLaren, Aston Martin, Bentley, Land Rover dan lainnya. Namun di era 50-an, ada juga mobil roda tiga, Reliant Regal, yang diproduksi Reliant Motor Company.

Uniknya, mobil yang diproduksi selama 1953-1973 ini memiliki desain lebih besar, bahkan mereka memiliki jenis van roda tiga.

Mobil yang dibenci tokoh Mr.Bean ini memiliki sasis dari besi dengan bobot hanya 365 kilogram. Menggunakan mesin 750 cc V-twin untuk menggerakan kedua ban belakang dengan girboks bertransmisi tiga kecepatan.

Tenaga yang dihasilkan 32 Tk. Untuk mencapai 80 km/jam butuh 22 detik. Lantas mesinnya menjadi 850 cc pada 1975.

 


4. Elio P5

Elio P5
Elio P5. (4WheelsNews.com)

Mobil dengan roda empat semakin mejamur di era 1970-1990, namun hal itu tak menyurutkan Elio Motor yang memproduksi kendaraan roda tiganya, salah satunnya adalah Elio P5.

Pada 2015, Elio P5 lahir digelaran Los Angeles Auto Show 2015. Merek mobil asal Amerika Serikat ini dipersenjatai dengan mesin tiga silinder yang kapasitasnya 900 cc, akselerasinya mulai 0-100 kilometer/jam dan dapat dicapai dalam waktu 9,6 detik.

 


5. Vanderhall Venice

Vanderhall Venice
Vanderhall Venice. (Vanderhall Motor Works)

Mobil roda tiga asal Amerika Serikat ini juga tak mau kalah soal kendaraan uniknya. Mobil ini dianggap memilki desain mirip Morgan dan bagian depan seperti Caterham.

Vanderhall Venice diakui telah dibenamkan mesin GM Empat silinder turbo berkapasitas 1.4 liter.

Hadir dengan transmisi otomatis enam kecepatan, mobil ini dikliam mampu berakselerasi dari 0-100 hanya dalam waktu lima detik dan kecepatan tertinggi 210 km/jam.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya