Indonesia Bikin Tim untuk MotoGP 2021, Pakai Motor Apa?

Indonesia tengah bersiap menjadi salah satu tuan rumah MotoGP musim 2021. Rencanyanya Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat bakal jadi lokasi perhelatan ajang balap motor paling bergengsi di dunia tersebut.

oleh Arief Aszhari diperbarui 11 Okt 2020, 10:10 WIB
Diterbitkan 11 Okt 2020, 10:10 WIB
Indahnya Sirkuit Mandalika, Tuan Rumah MotoGP 2021 di Indonesia
Area sirkuit ini dibangun di daerah wisata. Para pembalap dan penonton akan disuguhkan oleh pemandangan indah laut dan bukit yang mengelilingi bagian sirkuit.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia tengah bersiap menjadi salah satu tuan rumah MotoGP musim 2021. Bahkan, Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat sudah dipilih menjadi lokasi perhelatan ajang balap motor paling bergengsi di dunia tersebut.

Kepastian menjadi tuan rumah ini sendiri, sejatinya sudah sesuai dengan kalender resmi yang tercantum dalam dokumen FIM GP World Championship Regulation, yang di-update pada 25 Agustus 2020, halaman 34.

Tidak hanya persiapan membangun sirkuit sepanjang 4,31 kilometer yang akan dijadikan tempat berlangsungnya seri ke-15 MotoGP setelah Malaysia dan Thailand, tapi juga tim yang akan berlaga di gelaran tersebut dan siap mengharumkan nama bangsa.

Dijelaskan Rapsel Ali, Ketua Tim MotoGP Indonesia, pihaknya bakal segera membentuk tim tersebut, yang nantinya 'bertugas' untuk mengangkat potensi-potensi dengan terlaksananya balap MotoGP di Tanah Air.

"Alhamdulillah, sekarang kita sudah mendapat restu (membentuk Tim MotoGP Indonesia) dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indoneisa. Dan dalam waktu dekat ini kita akan meresmikannya," kata pria yang saat ini menjabat sebagai Anggota Komisi Vl DPR-RI, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Sabtu (10/10/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Tim MotoGP 2021 (Ist)
Tim MotoGP 2021 (Ist)

Rapsel menambahkan, sejatinya tim tersebut telah terbentuk, di mana di dalamnya terdapat orang-orang yang berkompeten di bidang olahraga sport otomotif ini. Adanya tim ini, diharapkan dapat meningkatkan sektor pariwisata, sport tourism, industri otomotif, teknologi serta masih banyak lagi lainnya.

"Di dalamnya, tim ini pasti akan ada nama-nama pebalap Indonesia yang berkolaborasi dengan teknical support dari negara lain, untuk membuat tim yang sangat kuat dan solid.. Kami sangat optimis, karena Indonesia merupakan pasar otomotif terbesar di dunia. Jadi selayaknya rider Indonesia akan muncul, salah satunya kita sudah ada Dimas Ekky Pratama, pembalap Moto2 ini," tegasnya.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:


Pakai Motor Apa?

AHM Kirim Dimas Eky ke CEV Spanish Championship
CEV Spanish Championship merupakan salah satu jenjang menuju balapan bergengsi Moto GP.

Sementara itu, Febby Sagita, Direktur Operasional Tim MotoGP Indonesia mengaku bahwa saat ini tim telah menjajaki untuk melakukan kerja sama dengan 'bendera' yang bagus. Berbarengan dengan itu, nantinya tim akan mempersiapkan segala sesuatunya untuk bisa berlaga di MotoGP tahun depan.

"Dari kerja sama itu, dipersiapkan teknisi, motor dan melakukan serangkaian latihan seperti training camp. (Training camp) Ini yang masih kurang di Indonesia," ujar Febby.

Dari training camp tersebut, Febby ingin melakukan latihan sebelum pra musim agar bisa mendapatkan bibit baru para pembalap-pembalap muda dan berprestasi di Tanah Air.


Infografis Pilihan:

Infografis Jadwal Sementara MotoGP 2020
Infografis Jadwal Sementara MotoGP 2020 (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya