Spectre, Mobil Listrik Pertama Bikinan Rolls-Royce

Sebagai produsen mobil mewah di dunia, Rolls-Royce, akhirnya resmi memperkenalkan mobil listrik pertama mereka, Spectre. Kemewahan brand asal Inggris ini dibalut dalam kesenyapan lantaran mobil mewah tersebut telah bertransformasi menjadi mobil listrik yang siap menggoda para sultan.

oleh Fahmi Rizki diperbarui 20 Okt 2022, 06:11 WIB
Diterbitkan 20 Okt 2022, 06:11 WIB
Spectre, mobil listrik mewah keluaran Rolls-Royce
Spectre, mobil listrik mewah keluaran Rolls-Royce

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai produsen mobil mewah di dunia, Rolls-Royce, akhirnya resmi memperkenalkan mobil listrik pertama mereka, Spectre. Kemewahan brand asal Inggris ini dibalut dalam kesenyapan lantaran mobil mewah tersebut telah bertransformasi menjadi mobil listrik yang siap menggoda para sultan.

Kehadiran mobil listrik pertama Rolls-Royce ini tentu tidak meninggalkan warisan sejarah yang begitu melekat dengan brand tersebut. Eksterior dan interiornya tetap menghadirkan nuansa kemewahan kelas dunia lewat serangkaian aksen baru.

Rolls-Royce Spectre hadir dengan dimensi panjang 5.453 mm, lebar 2.080 mm dan tinggi 1.559 mm serta wheelbase 3.210 mm. Lewat dimensi tersebut, ini menjadikan Spectre sebagai mobil penumpang terpanjang yang ada di jalan nantinya.

Tidak hanya itu, kehadiran mobil listrik mewah ini juga akan menyandang status sebagai mobil terberat. Hal tersebut dikarenakan bobot baterai yang mereka sematkan memiliki berat 700 kg sehingga secara total mobil ini memiliki 2.975 kg atau lebih berat 300 kg dari SUV Cullinan.

Tampilan luarnya mengalami perbedaan, terlebih untuk fascia depan di mana desainnya kini lebih mewah melalui penggunaan grill berbahan baja tahan karat dan dilengkapi dengan 22 lampu LED.

 

 

Spectre, mobil listrik mewah keluaran Rolls-Royce
Spectre, mobil listrik mewah keluaran Rolls-Royce

Sorotan lainnya dari mobil mewah ini juga dihadirkan dari desain lampu depan yang terpisah dengan rumah lampu beraksen krom gelap, sehingga membuat mobil ini tampil begitu misterius.

Keindahan tersebut juga dibalut dengan penyematan pelek berdiameter 23 inci yang membuat tampilan mobil ini menjadi lebih jenjang dan terkesan atletis.

Kemewahan Rolls-Royce Spectre juga datang lewat desain interior yang memperlihatkan kesan individual di setiap kursinya. Dukungan beberapa aksen mewah juga hadir dan dilengkapi dengan rasi bintang di beberapa bagian seperti di langit-langit dan doortrim.

Permainan warna yang begitu kontras juga dihadirkan pada bagian kabin, di mana perkawinan warna putih, gold dan sedikit merah menghias dengan sangat apik untuk kenyamanan di kabin.

 


Tetap Dibekali Tenaga yang Buas

Spectre, mobil listrik mewah keluaran Rolls-Royce
Spectre, mobil listrik mewah keluaran Rolls-Royce

Menyoal jantung pacunya, ini menjadi sektor menarik untuk dibahas. Meski dikenal sebagai mobil mewah bertenaga buas, Rolls-Royce tidak menghilangkan ciri tersebut pada Spectre ini.

Dari beberapa informasi yang kami dapatkan, Rolls-Royce Spectre kabarnya mampu menghasilkan lebih dari 500 tk dan torsi puncak sebesar 900 Nm. Dengan tenaga tersebut, Luxury Cars ini juga mampu menempuh jarak hingga 520 kilometer berdasarkan protokol WLTP Eropa.

Sementara mengenai akselerasi yang dapat dihasilkan, mobil ini kabarnya mampu melesat dari posisi diam hingga 100 kpj hanya dengan waktu 4,5 detik.

Meski bertenaga baterai, namun Rolls-Royce Spectre ini menjadi mobil paling bertenaga yang dipernah dibuat dengan kinerja yang sejalan dengan mesin bensin V12 Twin-Turbocharged BMW.

Untuk memberikan kenyamanan berkendara bagi pemiliknya, mobil ini telah didesain 30 persen lebih kaku dari Rolls-Royce sebelumnya berkat penggunaan komponen alumunium yang diekstrusi, dan intergarsi baterai ke dalam struktur mobil.

Handling pada mobil ini juga turut menjadi perhatian di mana perusahaan telah menyematkan suspensi Planar yang mampu memisahkan anti-roll bar untuk memungkinkan roda tetap bereaksi terhadap gundukan seara independen dan mencegag gerakan goyang yang terjadi ketika satu sisi kendaraan menabrah gundukan di jalan.


Infografis Konsep Future Smart Forest City di IKN Nusantara

Infografis Konsep Future Smart Forest City di IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Konsep Future Smart Forest City di IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya