Dibanderol Rp 1,9 Miliar, SUV Listrik Kia EV9 GT-Line Debut Asia Tenggara di GIIAS 2023

Peluncuran Kia EV9 GT-Line di GIIAS 2023 menjadi yang perdana di Asia Tenggara.

oleh Andhika Naufal Satria diperbarui 11 Agu 2023, 15:17 WIB
Diterbitkan 11 Agu 2023, 15:16 WIB
Mobil Listrik Kia EV9
Mobil Listrik Kia EV9. (Liputan6.com/Andhika Naufal Satria)

Liputan6.com, Jakarta - PT Kreta Indo Artha (KIA) mengusung tema 'Opposite United' dalam ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2023 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang. Dalam pameran otomotif ini, Kia meluncurkan mobil listrik SUV terbarunya, EV9 GT-Line.

Peluncuran Kia EV9 GT-Line di GIIAS 2023 menjadi yang perdana di Asia Tenggara. Indonesia terpilih sebagai negara pertama di Asia Tenggara yang bisa memperkenalkan Kia EV9 GT-Line, karena mempunyai potensi besar pertumbuhan kendaraan listrik di Tanah Air yang terus mengalami tren positif.

"Kami sangat gembira dengan peluncuran Kia EV9 GT-Line pada hari ini, sebuah Battery Electric Vehicle SUV terbaru yang memiliki berbagai keunggulan. Kia EV9 GT-Line juga menunjukkan komitmen Indomobil group dalam mendukung program pemerintah terkait kendaraan elektrifikasi, terutama untuk merek Kia di Indonesia," ungkap Andrew Nasuri, selalu Presiden Direktur PT Kreta Indo Artha.

Hadir dalam varian GT-Line, Kia EV9 dibekali dengan dua motor listrik bertenaga 385 PS dan torsi 700 Nm. Dengan spesifikasi yang dimilikinya, Kia EV9 mampu melesat dari 0 hingga 100 km/jam hanya dalam waktu 5,3 detik. Ini tentu catatan waktu yang fantastis untuk sebuah SUV 3 baris yang memiliki panjang lebih dari 5 meter.

Kia EV9 GT-Line dibekali baterai lithium-ion berkapasitas 99,8 kWh yang dapat menjelajah hingga 497 kilometer dalam kondisi baterai terisi penuh. Dengan kapasitas baterainya yang tergolong besar, mobil listrik Kia EV9 GT-Line memiliki catatan EV fuel economy hanya 228 kwh/km.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Harga Kia EV9 GT-Line

Dibanderol lebih dari Rp1,3 miliar, Kia EV9 bakal jadi mobil termahal
Dibanderol lebih dari Rp1,3 miliar, Kia EV9 bakal jadi mobil termahal

Menyoal pengisian daya listriknya, dibutuhkan waktu sekitar 10 jam 45 menit apabila menggunakan pengisian daya AC atau Wallbox Charging berkapasitas 11 kW. Sementara bila menggunakan pengisian daya Ultra Fast Charging berjenis DC dengan kapasitas 250 kW, hanya membutuhkan waktu sekitar 23 menit.

Selain memperkenalkan Kia EV9 GT-Line, terdapat juga lini produk unggulan lainnya yang dipajang Kia di GIIAS 2023. Dari lini produk kendaraan listrik, Kia turut memperkenalkan Kia EV6 GT. Ini merupakan varian yang lebih buas dari Kia EV6 GT-Line yang diperkenalkan pada GIIAS 2022 lalu.

Mobil listrik beraura sportcar ini dibekali dengan Dual Motor berpenggerak roda All Wheel Drive yang memproduksi tenaga hingga 585 PS dan torsi maksimum 700 Nm. Kia EV6 GT mampu berakselerasi dari 0-100km/jam hanya dalam waktu 3,5 detik, catatan waktu itu membuatnya layak disejajarkan dengan supercar bermesin pembakaran internal.

Kia EV9 GT-Line ditawarkan dengan harga Rp 1,975 miliar on the road (OTR) Jakarta, sementara untuk Kia EV6 GT ditawarkan dengan harga Rp 1,699 miliar on the road (OTR) Jakarta.


Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia
Banner Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya