Toyota Diduga Curangi Emisi Mesin Forklift di Amerika Serikat

Toyota mendapatkan tuntutan yang diajukan di pengadilan Amerika Serikat, terkait kecurangan emisi mesin forklift.

oleh Arief Aszhari diperbarui 24 Sep 2024, 17:14 WIB
Diterbitkan 24 Sep 2024, 17:14 WIB
Tersandung Masalah, Toyota Diduga Curangi Emisi Mesin Forklift (Reuters)
Tersandung Masalah, Toyota Diduga Curangi Emisi Mesin Forklift (Reuters)

Liputan6.com, Jakarta - Toyota mendapatkan tuntutan yang diajukan di pengadilan Amerika Serikat, terkait kecurangan emisi mesin forklift. Pabrikan asal Jepang ini, diklaim mengabaikan standar emisi yang ditetapkan, sehingga merugikan konsumen dan lingkungan.

Berdasarkan laporan dari Reuters, gugatan tersebut menyatakan bahwa Toyota secara sengaja memproduksi forklift yang tidak memenuhi regulasi emisi yang berlaku.

"Kami percaya bahwa Toyota telah mengecewakan pelanggan dan masyarakat dengan tidak mematuhi regulasi yang ada," ujar salah satu pengacara yang mewakili para penggugat.

Sementara itu, forklift yang terlibat dalam kasus ini dilaporkan mengeluarkan emisi yang jauh lebih tinggi dari batas yang diperbolehkan. Hal tersebut menimbulkan kekhawatiran besar terkait dampak lingkungan dan kesehatan.

"Kami mengharapkan transparansi dari perusahaan-perusahaan besar seperti Toyota. Kesehatan masyarakat dan lingkungan seharusnya menjadi prioritas utama," kata seorang aktivis lingkungan yang terlibat dalam kampanye kesadaran emisi.

Kasus ini muncul di tengah meningkatnya tekanan global terhadap perusahaan otomotif untuk mengurangi emisi gas rumah kaca. Banyak negara kini menerapkan regulasi yang lebih ketat untuk mengatasi perubahan iklim. Dengan tuduhan ini, Toyota tidak hanya menghadapi risiko hukum, tetapi juga tantangan dalam mempertahankan posisinya di pasar yang semakin kompetitif.

Dalam merespons tuduhan ini, Toyota menyatakan bahwa berkomitmen untuk mematuhi semua regulasi yang berlaku dan akan bekerja sama dengan pihak berwenang untuk menyelesaikan masalah ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Respons Toyota

"Kami sangat serius dalam memenuhi standar emisi dan berkomitmen untuk menjaga lingkungan," ungkap juru bicara Toyota dalam sebuah pernyataan resmi.

Meskipun demikian, skeptisisme publik terhadap pernyataan tersebut tetap ada. Banyak yang meragukan integritas perusahaan setelah tuntutan ini mencuat ke publik

"Kami tidak bisa hanya menerima kata-kata. Kami ingin melihat tindakan nyata dari Toyota," kata seorang konsumen yang merasa dirugikan.


Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia
Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya