Indolok Punya Tiga Alat Penjinak Api Baterai Lithium Mobil Listrik

Tiga produk alat pemadam kebakaran dengan inovasi khusus kendaraan listrik disodorkan PT Indolok Bakti Utama, di antaranya Lith-Pro, Grenoz, dan Fire Tape

oleh Tim Otomotif diperbarui 03 Okt 2024, 16:05 WIB
Diterbitkan 03 Okt 2024, 16:05 WIB
Indolok
PT Indolok Bakti Utama menghadirkan tiga alat pemadam kebakaran dengan inovasi khusus kendaraan listrik.

Liputan6.com, Jakarta - Tiga produk alat pemadam kebakaran dengan inovasi khusus kendaraan listrik disodorkan PT Indolok Bakti Utama, di antaranya Lith-Pro, Grenoz, dan Fire Tape. Fokusnya meliputi kendaraan listrik, lingkungan, dan perlindungan praktis.

Presiden Direktur PT. Indolok Bakti Utama, Rahmat Rezki menyatakan bahwa perusahaan sangat antusias dalam meluncurkan tiga produk yang diyakini akan merevolusi industri, terutama sektor proteksi dari kebakaran.

"Inovasi ini tidak hanya menyoroti komitmen kami untuk menyediakan solusi terbaik bagi pelanggan, tetapi juga untuk melindungi lingkungan dan keselamatan masyarakat. Dengan semakin banyaknya perangkat yang menggunakan baterai Lithium-ion, kebutuhan akan pemadam api yang spesifik semakin mendesak, dan kami hadir untuk menjawab tantangan ini,” ucap Rahmat saat peluncuran produk di MM2100 di Cibitung, Jawa Barat, Rabu (2/10/2024).

Lith-Pro dirancang untuk pemadaman api yang disebabkan oleh baterai lithium-ion. Menurut data yang tersedia untuk periode Januari hingga Agustus 2024, terjadi peningkatan sebesar 177 persen, dengan total mencapai 23 ribu unit dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya 8.300 unit.

Dengan pertumbuhan populasi mobil listrik yang terus meningkat, penting untuk memastikan ketersediaan APAR dengan spesifikasi yang sesuai.

Seperti yang diketahui, memadamkan kebakaran baterai memerlukan pendekatan yang berbeda dari kebakaran konvensional. Material yang digunakan adalah gas cair yang tidak mengandung fluorine, sehingga tidak bersifat korosif dan aman bagi lingkungan.

Semakin menarik karena tidak hanya mampu mengantisipasi thermal runaway (kebakaran) baterai, tetapi juga dapat digunakan untuk berbagai jenis kebakaran.

 


Cocok untuk Kendaraan Konvensional

Dengan meningkatnya penggunaan kendaraan listrik dan perangkat berbasis baterai, risiko kebakaran menjadi perhatian yang serius. Lith-Pro merupakan langkah maju yang signifikan dalam menghadapi tantangan ini, memberikan keamanan yang lebih baik bagi pengguna dan lingkungan,” ucap Munawar Chalil, Ketua Umum Indonesia Center of Mobility Studies (ICMS).

Inovasi berikutnya adalah Indolok Fire Tape. Berukuran kecil, alat ini merupakan pemadam api yang cepat dan otomatis. Fire Tape tidak hanya cocok untuk kendaraan listrik tetapi juga dapat digunakan untuk kendaraan konvensional dan berbagai aplikasi di luar industri otomotif.

Aktivasi cepat terjadi saat terpapar api dengan suhu 170 derajat Celsius. Penggunaannya sangat praktis karena dilengkapi dengan perekat sehingga hanya perlu ditempelkan.

Selain itu, Grenoz, produk ketiga yang dirancang, tidak meninggalkan residu setelah pemadaman layaknya APAR jenis bubuk. Keunggulan produk ini terletak pada sifat ramah lingkungan yang cocok untuk berbagai kebutuhan, terutama di lingkungan yang sensitif terhadap kebersihan.

Sebagai generasi keempat Clean Agent media pemadam kebakaran, Grenoz dilengkapi dengan teknologi hijau yang memastikan masa pakai di atmosfera hanya 5 hari, sehingga tidak merusak lapisan ozon. Meskipun diklaim aman untuk manusia, tidak berwarna, dan memiliki bau minimal yang khas.

Harga tersedia dalam berbagai variasi, termasuk ukuran kapasitas. Harga Lith-Pro berkisar antara Rp2 juta hingga Rp6 juta. Harga Fire Tape adalah sekitar Rp2 juta, sedangkan harga Grenoz mulai dari Rp5 juta.

Sumber: Oto.com

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya