Pilkada Pertama Warga Kaltara

Ada 2 pasangan calon yang bertarung di Pilkada Kaltara, yakni pasangan Jusuf SK - Marthin Billa dan Irianto Lambrie - Udin Hianggio.

oleh Abelda RN diperbarui 09 Des 2015, 13:10 WIB
Diterbitkan 09 Des 2015, 13:10 WIB
Pilkada Pertama Warga Kaltara
Ada 2 pasangan calon yang bertarung di Pilkada Kaltara, yakni pasangan Jusuf SK - Marthin Billa dan Irianto Lambrie - Udin Hianggio. (Abelda Gunawan/Liputan6.com)

Liputan6.com, Balikpapan - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) menggelar pemilihan gubernur pertama di provinsi termuda di Indonesia. Pemilihan digelar serentak di Kota Tarakan, Nunukan, Malinau, Bulungan, dan Tana Tidung.

Ada 2 pasangan calon yang bertarung di Pilkada Kaltara, yakni pasangan Jusuf SK - Marthin Billa dan Irianto Lambrie - Udin Hianggio. Warga Tarakan terlihat antusias dengan pemilihan ini.

Sejak pagi, warga sudah memadati TPS 21 Karang Anyar Tarakan yang juga menjadi basis massa calon gubernur nomor urut 1 Jusuf SK.  

"Sejak pagi menunggu tempat pemungutan suara buka," kata Dyah, ibu rumah tangga di Tarakan, Rabu (9/12/2015).

Dyah menolak menyebutkan pilihannya secara terbuka. Namun, ia meyakini kedua pasangan calon yang bertarung memiliki kekuatan imbang.

"Dua pasangan calon gubernur ini sama-sama kuat, namun saya punya pilihan sendiri," ujar Dyah.

Ia meminta setiap pasangan terpilih agar mewujudkan janji-janji politiknya semasa kampanye dan mampu memajukan seluruh kota wilayah yang berbatasan dengan Malaysia itu. Dia juga meminta para pendukung bisa menjaga emosi bila calon dukungannya ternyata gagal dalam pilkada, sedangkan calon yang menang tidak jumawa hingga memprovokasi masyarakat.

KPU Kaltara mencatat jumlah pemilih di Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 432.196 jiwa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya