KPU DKI Gelar Acara Sosialisasi Pilkada di Lapangan Banteng

Melalui acara ini, diharapkan bisa meningkatkan partisipasi warga DKI untuk menggunakan hak pilihnya pada Pilkada DKI 2017.

oleh Devira Prastiwi diperbarui 18 Sep 2016, 11:17 WIB
Diterbitkan 18 Sep 2016, 11:17 WIB
20160824-KPUD DKI Jakarta-Jakarta
KPUD DKI Jakarta (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPUD) DKI Jakarta menggelar menggelar acara sosialisasi Pilkada DKI Jakarta 2017, di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

Ketua KPUD DKI Jakarta Sumarno mengatakan acara tersebut untuk menyosialisasikan kepada masyarakat, bahwa Ibu Kota akan segera melaksanakan Pilkada pada 15 Februari 2017.

"Tujuannya tentu ingin mengimbau, mengajak, mendorong mereka (warga DKI) untuk berpartisipasi di dalam Pilkada kita 15 Februari yang akan datang," ujar Sumarno di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Minggu (18/9/2016).

Sumarno menjelaskan target nasional tingkat partisipasi masyarakat pada Pilkada hingga 77,5 persen. Tetapi berdasarkan pengalaman Pilgub lalu, DKI Jakarta berada di bawah angka 70 persen.

"Untuk 2017 ini kami mentargetkan di atas 70 persen. Kami berharap di Pilkada 2017 itu meningkat jika dibandingkan Pilkada yang lalu. Karena ini memang momentum yang sangat penting bagi warga Jakarta, untuk menentukan gubernurnya lima tahun mendatang," papar dia.

Karena itu, Sumarno mengatakan, KPU juga sudah melakukan sosialisasi kepada pemilih pemula, dengan mendatangi kampus-kampus dan sekolah-sekolah.

"Kemudian ada juga perlombaan-perlombaan yang terkait dengan Pilkada di kalangan mereka. Misalnya paduan suara terkait dengan jingle Pilkada, kita itu juga sedang berlangsung di SMA-SMA di berbagai wilayah Jakarta," kata dia.

Senada dengan Sumarno, anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Menteng, Jakarta Pusat Abdul Khoir berharap dengan adanya acara ini, bisa meningkatkan partisipasi warga DKI untuk menggunakan hak pilihnya pada Pilkada DKI 2017.

Selain itu, lanjut Sumarno, acara ini juga diharapkan menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya menggunakan hak pilih dan memahami arti kedaulatan rakyat tentang pendidikan politik.

"Kita menggemakan adanya pemilu, untuk meningkatkan partisipan masyarakat untuk ikut menyukseskan pemilu. Saat ini sudah sering dilakukan sosialisasi, tiap daerah sudah agenda masing-masing. Hingga mendekati dua bulan sebelum pelaksanaan akan kami lakukan terus," jelas Khoir.

Pantauan Liputan6.com, dalam acara tersebut hadir pula Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Jimly Asshiddiqie. Acara ini juga dihadiri seluruh komisioner KPUD DKI, perwakilan KPU Pusat, perwakilan gubernur DKI Jakarta, sekretariat KPU provinsi, dan KPU kabupaten atau kota. Serta ribuan PKK dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Provinsi DKI Jakarta.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya