Anies Baswedan: Jakarta Harus Jadi Kota Manusiawi

Anies menyatakan Jakarta membutuhkan sosok pemimpin yang bisa menjadikan Jakarta bukan hanya Ibu Kota negara saja.

oleh Hanz Jimenez Salim diperbarui 21 Sep 2016, 15:57 WIB
Diterbitkan 21 Sep 2016, 15:57 WIB
20160810-Preskon Konser Jakarta Melayu Festival-Jakarta- Faizal Fanani
Anies Baswedan memberikan keterangan saat konferensi pers Konser Jakarta Melayu Festival, Jakarta, Rabu (10/8). Jakarta Melayu Festival merupakan hiburan alternatif di tengah gempuran musisi luar negeri. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan menilai Jakarta belum menjadi kota yang manusiawi bagi warganya.

Hal itu disampaikan Anies ketika menerima kedatangan puluhan warga Tanah Merah, Koja, Jakarta Utara yang memintanya maju sebagai bakal calon gubernur di Pilkada DKI Jakarta 2017.

"Memang benar rasa-rasanya Jakarta harus menjadi kota manusiawi untuk kita semua," kata Anies di kediaman pribadinya, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Rabu (21/9/2016).

Selain itu, Anies juga menyatakan Jakarta membutuhkan sosok pemimpin yang bisa menjadikan Jakarta bukan hanya Ibu Kota negara saja. Melainkan juga Ibu Kota ASEAN.

Kemudian, Anies juga menyinggung sejumlah kebijakan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang dianggapnya masih belum berpihak pada masyarakat kecil. Contohnya masalah penggusuran lahan warga. Seperti yang akan terjadi pada warga Tanah Merah.

"Jadi saya dengar rumah kita tempat kita pulang, apapun namanya, pindah itu bukan sesuatu yang nyaman, apapun namanya itulah. Bapak-ibu yang ungkapkan penggusuran budaya Betawi tergeser dan harus kita lakukan sesuatu," pungkas Anies.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya