Janji Cagub Karolin Perhatikan Nasib Nelayan Kalbar

Calon Gubernur Kalimantan Barat Karolin Margret Natasa mengaku mengetahui sektor kelautan dan perikanan memiliki peran yang cukup besar

oleh Devira PrastiwiLiputan6.com diperbarui 12 Jun 2018, 18:46 WIB
Diterbitkan 12 Jun 2018, 18:46 WIB
Calon Gubernur Kalimantan barat Karolin Margret Natasa (tengah) saat meninjau salah satu pelabuhan di Kalimantan Barat (Istimewa)
Calon Gubernur Kalimantan barat Karolin Margret Natasa (tengah) saat meninjau salah satu pelabuhan di Kalimantan Barat (Istimewa)

Liputan6.com, Pontianak - Calon Gubernur Kalimantan Barat Karolin Margret Natasa mengatakan dirinya siap untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga nelayan dengan delapan program utama yang sudah disiapkannya.

"Ini merupakan komitmen kami untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat nelayan yang selama ini memang masih banyak yang belum layak," ujar Karolin saat menjawab pertanyaan salah satu nelayan dalam kampanye dialogis yang dilaksanakan di Mempawah, seperti dilansir Antara, Selasa (12/6/2018).

Karolin mengatakan, dirinya mengetahui sektor kelautan dan perikanan memiliki peran yang cukup besar. Dan hal itu, kata dia, ditunjukkan dengan kontribusi sektor perikanan terhadap peningkatan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) provinsi.

Terkait hal tersebut, untuk mewujudkan Kalbar Hebat, Karolin-Gidot akan membuat konsep pembangunan di bidang kelautan dan perikanan serta berbagai sektor lainnya.

Mantan anggota DPR itu menjabarkan sejumlah program yang akan dilakukannya nanti pada sektor perikanan dan kelautan. Salah satunya membuat kartu nelayan untuk mendata masyarakat nelayan, agar setiap program yang diarahkan untuk nelayan bisa lebih tepat sasaran.

"Kami juga akan memberikan bantuan alat tangkap yang ramah lingkungan, kemudian pengadaan GPS untuk nelayan, bantuan mesin kapal 10 GT untuk nelayan kecil, menggiatkan asuransi untuk nelayan, sertifikasi tanah nelayan, pembenahan kampung nelayan bekerjasama dengan Kementerian PUPR, serta pogram keramba apung," paparnya.

Menurut Karolin, selain itu beberapa program lainnya akan diarahkan menyentuh langsung kehidupan masyarakat nelayan.

"Pengembangan keramba apung ini juga akan menjadi salah satu program utama kami, karena dari 217 pulau di Kalbar, pulau-pulau yang bergerombol seperti di Kepulauan Karimata dan di sekitar Pulau Lemukutan dapat dikembangkan budi daya laut menggunakan keramba jaring apung," jelas Karolin.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Harapan Nelayan

PDIP Umumkan Lima Pasangan Cagub Dan Wagub Pilkada Serentak 2018
Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri memberi surat mandat ke pasangan Landak Karolin Margret Natasa dan Suryadman Gidot sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Barat, Jakarta, Minggu (7/1). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, Suherman, salah satu warga Desa Semudun, Kecamatan Sungai Kunyit saat menghadiri kampanye dialogis Karolin di Kabupaten Mempawah, mengharapkan agar pasangan Karolin-Gidot bisa menjadi pemimpin Kalbar yang lebih memperhatikan nasib nelayan ke depan.

"Kami menyimpan harapan besar kepada ibu Karolin agar bisa melanjutkan program yang telah dilaksanakan oleh Pak Cornelis (Ayah Karolin), khususnya dalam meningkatkan kesejahteraan kaum nelayan yang ada di Mempawah ini," kata Suherman.

Menurutnya, selama ini kehidupan nelayan tidak banyak mengalami perubahan, karena dinilai kurang mendapat perhatian dari pemerintah.

"Pada saat harga kebutuhan pokok terus meningkat, penghasilan yang kami dapatkan selalu pas-pasan, sehingga kami sulit untuk meningkatkan perekonomian. Mudah-mudahan, dengan terpilih Ibu Karolin menjadi Gubernur Kalbar nanti, bisa membawa perubahan bagi kehidupan kami melalui program yang menyentuh langsung nelayan," tandas Suherman.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya