Jokowi dan Ma'ruf Amin Siap Jalani Tes Kesehatan Pagi Ini

Ketua KPU RI Arief Budiman mengatakan, lembaganya mempercayakan kepada pihak rumah sakit untuk jalannya rangkaian tes hari ini.

oleh Yunizafira Putri Arifin Widjaja diperbarui 12 Agu 2018, 07:50 WIB
Diterbitkan 12 Agu 2018, 07:50 WIB
Jokowi-Maruf Amin Daftar Capres Pilpres 2019
Pasangan Capres-cawapres, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin melakukan pendaftaran di Gedung KPU, Jakarta, Jumat (10/8). Jokowi-Ma'ruf menjadi pasangan pertama yang mendaftarkan diri sebagai capres-cawapres pada Pilpres 2019. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan bakal calon Presiden dan Wakil Presiden Jokowi - Ma'ruf Amin dijadwalkan menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Minggu (12/8/2018). Jokowi-Ma'ruf diagendakan datang ke RSPAD pukul 08.00 WIB.

Pantauan Merdeka.com di lokasi pukul 07.37 WIB, sejumlah dokter yang akan memeriksa kesehatan Jokowi-Ma'ruf sudah berada tiba.

Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan jelang pemeriksaan kesehatan, Jokowi-Ma'ruf sudah mempersiapkan diri. Termasuk sudah menjalankan puasa minimal enam jam.

"Dan Alhamdulillah semua persiapannya semua baik," ujar Hasto, Minggu (12/8/2018).

Ketua KPU RI Arief Budiman mengatakan, lembaganya mempercayakan kepada pihak rumah sakit untuk jalannya rangkaian tes hari ini.

Dia mengatakan, kehadiran pihaknya merupakan bagian dari tahapan pencalonan yang mengharuskan mereka mengikuti tahapan ini.

"Ini 1 kali (tesnya) tapi kalau ada yang perlu didalami bisa didalami,” ucap Arief, di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Minggu (12/8/2018.

Arief menjelaskan, rangkaian pemeriksaan akan dimulai sejak pukul 08.00 WIB. Diperkirakan, pemeriksaan ini akan dilakukan dalam waktu 8 hingga 9 jam.

"Persiapan jam 6, mulai diperiksa jam 8,” ujar Arief.

Sebelumnya, baik Jokowi dan Maaruf telah berpuasa selama 8 jam. Pemeriksaan kesehatan itu akan dilakukan secara menyeluruh baik pemeriksaan fisik maupun kejiwaan, dengan ketua tim pemeriksa, dr Danardi Sosrosumihardjo, SpKJ(K).

Pantauan Liputan6.com, selain Ketua KPU RI, seluruh komisioner KPU RI telah tiba di RSPAD. Selain itu, hadir juga sejumlah sekjen pengusung Jokowi, seperti Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Sekjen PPP Arsul Sani, dan Sekjen PKB Abdul Kadir Karding.

Seluruh sekjen yang hadir kompak mengenakan kemeja putih. Seain itu, hadir juga Ketua Bawaslu Abhan dan anggota Bawaslu Mochamad Afifuddin. 

Reporter: Titin Supriatin

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya