Demokrat: Anies Jangan Pilih Cawapres Tersandera Kasus

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dinilai masuk kriteria yang disampaikan oleh Anies. Karena tidak punya beban masa lalu.

oleh Luqman Rimadi diperbarui 21 Jul 2023, 15:03 WIB
Diterbitkan 21 Jul 2023, 15:03 WIB
Pidato Anies Baswedan di Depan Pendukung dan Partai Politik Koalisi Perubahan
Anies tampak mengenakan setelan jas berwarna hitam dan peci. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta Partai Demokrat setuju dengan kriteria 0 calon wakil presiden yang akan mendampingi Anies Baswedan.Demokrat berpandangan, memang perlu menggandeng orang yang tidak tersandera kasus hukum.

"Kami pun mendukung penuh kriteria ini karena selaras dengan semangat perjuangan perubahan dan perbaikan. Membersihkan rumah Indonesia ini harus dengan sapu yang bersih. Bukan sapu yang bermasalah, atau bisa tersandera kasus," kata Kepala Bakomstra Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra kepada wartawan, Jumat (21/7/2023).

Anies pernah menyampaikan kepada Partai Demokrat bahwa calon wakil presiden yang mendampinginya tidak punya masalah hukum.

"Kami ingin menyampaikan kalau benar, Bacapres Anies Rasyid Baswedan sudah menyampaikan kepada Tim 8 dan Ketum Parpol Koalisi Perubahan bahwa beliau membutuhkan Cawapres yang rekam jejaknya bebas dari potensi terkena kasus hukum," ujar Herzaky.

Sementara itu, Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani mengatakan, Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) masuk kriteria yang disampaikan oleh Anies. Karena tidak punya beban masa lalu.

"Untuk efektivitas dan optimalisasi menjalankan ini, butuh orang yang tak memiliki beban masa lalu dan keberanian. Mas Ketum AHY sangat memadai dan memenuhi kriteria ini," kata Kamhar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kriteria 0 Cawapres Anies

Anies Baswedan
Anies Baswedan naik haji bersama sang istri, Fery Farhati dan anak-anak. Ia meminta maaf lahir dan batin menjelang puncak perayaan Idul Adha 2023. (Foto: Dok. Instagram @aniesbaswedan)

Bakal Calon Presiden Koalisi Perubahan Anies Baswedan mengungkap kriteria 0 atau kriteria cawapres yang belum pernah diungkap sebelumnya. Kriteria itu adalah tokoh yang ia inginkan tidak punya masalah.

"Dalam proses ini sedang menjalani ini, tapi saya rasa dalam perjalanannya keliatannya ada kriteria nomor 0, yaitu dulunya saya memasukkan itu, yaitu tak bermasalah," ujar Anies di Hotel Kempinski, Jakarta, Kamis, 20 Juli 2023.

Kriteria tidak bermasalah artinya tokoh tersebut tidak mudah tersandung kasus di kemudian hari. Faktor ini menjadi penting agar tidak menjadi halangan ketika maju Pilpres 2024.

"Tak bermasalah dan berani, karena kalau ada masalah mudah sekali kesandung sekarang ini. Jadi kriterianya lima terus muncul kriteria ke-0 tak bermasalah, ternyata itu faktorial sangat penting karena kalau tidak kepleset-kepleset sepanjang," kata Anies.

Infografis Bursa Bakal Cawapres Pendamping Anies Baswedan
Infografis Bursa Bakal Cawapres Pendamping Anies Baswedan (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya