Gaya Komunikasi Prabowo Dianggap Berubah, Dinilai Mampu Tarik Perhatian Gen Z

Ilham menilai, kericuhan seharusnya tidak terjadi jika para pihak menggunakan kepala dingin dan bermusyawarah dalam menyelesaikan masalah.

oleh Liputan6.com diperbarui 27 Jul 2023, 20:06 WIB
Diterbitkan 27 Jul 2023, 17:03 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menggelar keterangan pers usai menghadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Senin, 10 Juli 2023. (Muhammad Genantan Saputra/Merdeka.com)
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menggelar keterangan pers usai menghadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Senin, 10 Juli 2023. (Muhammad Genantan Saputra/Merdeka.com)

Liputan6.com, Jakarta - Gaya komunikasi politik Calon Presiden (capres) Partai Gerindra Prabowo Subianto dinilai sudah jauh lenih transformatif. Hal itu memberikan dampak positif terhadap arah dukungan kaum muda terhadap Prabowo di Pemilihan presiden (Pilpres) 2024. 

Direktur Eksekutif Citra Instituter Yusak Farchan mengatakan ada beberapa faktor yang membuat Prabowo sangat unggul atas dukungan generasi muda. Menurutnya, faktor perubahan gaya berkomunikasi dan berpolitik Prabowo menjadi modal penting dan menarik perhatian generasi Milenial dan Gen Z untuk lebih melihat sosok Prabowo.

"Prabowo unggul di kalangan Gen Z dan milenial karena beberapa hal, yaitu style komunikasi politik prabowo yang sudah mulai berubah dan transformatif," kata Yusak.

Selain itu, Prabowo juga saat ini lebih sering melibatkan generasi muda dalam beberapa hal dan kegiatan. Prabowo sangat terlihat beberapa kali terlibat dalam kegiatan anak-anak muda bangsa.

Ini menjadi langkah penting bagi Prabowo untuk menjalin komunikasi yang lebih intens dengan generasi muda Indonesia. Salah satu buktinya adalah Prabowo pernah mengundang beberapa influencer muda Indonesia seperti Arief Muhammad dan Ferry Irwandi.

"Jika dulu prabowo lebih banyak berinteraksi dengan kelompok tua, sekarang prabowo mulai intensif menjalin komunikasi dengan tokoh-tokoh milenial," tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Survei Pemilih Gen Z Meningkat

Hari Ini, Giliran Yusril Ihza Mahendra yang Sambangi Kediaman Prabowo
Setidaknya, pertemuan Prabowo Subianto dan Yusril Ihza berlangsung selama hampir satu jam. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Menurut hasil survei Indikator Politik Indonesia periode 20-24 Juni 2023, Prabowo meraih hasil tertinggi di Gen Z dengan raihan angka sebesar 40,5 persen.

Prabowo juga mendapat torehan suara tertinggi di Milenial dengan angka 37,1 persen.

Selain itu, Prabowo juga unggul dalam basis pendukung Baby Boomers dengan suara 41,3 persen. Itu membutikan bahwa Prabowo merupakan capres yang paling diminati oleh semua lintas generasi.

Infografis Heboh Kepala BIN Sebut Aura Jokowi Sebagian Pindah ke Prabowo
Infografis Heboh Kepala BIN Sebut Aura Jokowi Sebagian Pindah ke Prabowo (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya