PKS Desak Anies Baswedan Umumkan Nama Cawapres: Jangan Tunggu yang Tidak Pasti

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera mengatakan, Anies Baswedan berbeda dengan Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto yang punya infrastruktur dan panggung politik lebih besar.

oleh Nila Chrisna Yulika diperbarui 21 Agu 2023, 13:07 WIB
Diterbitkan 21 Agu 2023, 13:07 WIB
Anies Baswedan Sambangi DPP Partai Demokrat, Disambut Langsung AHY
Anies Baswedan memberi isyarat saat tiba di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Kamis (2/3/2023). Kunjungan Anies Baswedan untuk memperkenalkan dirinya kepada Majelis Tinggi Partai. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mendesak bakal calon presiden Koalisi Perubahan Anies Baswedan segera deklarasi calon wakil presiden. Sebab, Anies butuh momentum untuk menghadapi Pilpres 2024, berbeda dengan 2 calon presiden lainnya.

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera mengatakan, Anies berbeda dengan Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto yang punya infrastruktur dan panggung politik lebih besar. Sebab saat ini Ganjar dan Prabowo masih punya jabatan publik. Maka itu perlu segera sekali supaya Anies bisa mudah penetrasi ke akar rumput.

"Yang kita tidak miliki waktu, kemewahan lain kalau Pak Prabowo katakan, mas Ganjar itu punya, Prabowo panggungnya panjang, mas Ganjar sampai September ini masih oke, terus PDIP punya infrastruktur yang bagus," ujar Mardani Ali Sera di DPR, Jakarta, Senin, (21/8/2023).

Mardani meminta agar Anies Baswedan tidak perlu menunggu yang tidak pasti.

"Jadi saya setuju, kita perlu segera deklarasi dan jangan menunggu yang tidak pasti sebenarnya yang pasti sudah ada," katanya.

Mardani menyebut sesungguhnya sudah ada satu nama cawapres di kantong Anies dan sudah menjadi kesepakatan bersama. 

"Sebetulnya mayoritasnya sudah mengerucut ke satu nama, tetapi tentu kita hargai ketika ada pendapat lain, tapi pendapat lain juga perlu menghargai kesepakatan besar yang memang sudah terbentuk," jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sudah Sepakat untuk Segera Umumkan Nama Cawapres

Presiden PKS Ahmad Syaikhu
Presiden PKS Ahmad Syaikhu mengatakan bahwa partai politik dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bakal membahas secara khusus perihal bakal calon wakil presiden (cawapres) untuk Anies Baswedan. (Foto:Liputan6/Winda Nelfira)

Mardani mengatakan, seluruh partai koalisi sebenarnya sudah sepakat agar Anies Baswedan segera umumkan nama cawapres. 

"Secara umum kita sudah punya kesepakatan untuk segera mengumumkan," ujarnya.

PKS sudah berdiskusi dengan Anies. Mengingatkan supaya mencari momentum yang tepat. Jangan sampai kehilangan momentum sampai Pemilu 2024.

"Ketika berbincang Mas Anies mengatakan cari momentum, kemudian memastikan bahwa nanti sudah ditentukan dia akan terus meningkat momentumnya, jangan sampai berhenti atau turun," pungkasnya.

Reporter: Ahda Bayhaqi/Merdeka

Infografis Mahfud Md Minta Tiket Capres Anies Baswedan Dijaga. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Mahfud Md Minta Tiket Capres Anies Baswedan Dijaga. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya