Gibran Didorong Jadi Cawapres, Projo Bantah Langgengkan Dinasti Politik Jokowi

Relawan Pro Jokowi atau Projo mengakui, aspirasi akar rumputnya mendorong sosok Gibran Rakabuming Raka untuk dapat dipasangkan sebagai calon wakil presiden (Cawapres) di Pemilu 2024.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 12 Okt 2023, 15:53 WIB
Diterbitkan 12 Okt 2023, 15:53 WIB
Relawan Pro Jokowi atau Projo
Relawan Pro Jokowi atau Projo akan menyelenggarakan rapat kerja nasional (Rakernas) ke-6 pada 14 dan 15 Oktober 2023. (Foto: Radityo Priyasmoro/Liputan6.com).

Liputan6.com, Jakarta - Relawan Pro Jokowi atau Projo mengakui, aspirasi akar rumputnya mendorong sosok Gibran Rakabuming Raka untuk dapat dipasangkan sebagai calon wakil presiden (Cawapres) di Pemilu 2024.

Menurut Panel Barus selaku Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Projo, dorongan itu disebabkan keinginan masyarakat melihat tokoh muda yang merepresentasi lebih dari separuh daftar pemilih dari kalangan milenial dan Gen Z.

“Pemilu 2024 ini adalah pemilunya anak muda, 52 persen pemilih ini adalah milenial dan gen z, tentu keterwakilan anak muda ini menjadi penting sehingga nama Mas Gibran ini menjadi kuat,” kata Panel saat jumpa pers di Metro Cafe Jakarta, Kamis (12/10/2023).

Panel menegaskan, munculnya nama Gibran bukan soal melanggengkan dinasti politik dari Presiden Jokowi. Dia menilai, tidak tepat di alam demokrasi yang liberal menyebut upaya mendorong Gibran sebagai calon pemimpin negara adalah bagian dari pelanggengan dinasti politik Jokowi.

“Bull Shit kalau ada dinasti politik, itu omong kosong tidak ada dinasti poltik pada alam demokrasi liberal,” tega Panel.

Panel beralasan, apabila Gibran akhirnya bisa maju dan terpilih maka hal itu menjadi kehendak rakyat. Sebab di alam demokrasi semua kehendak ada di tangan rakyat.

“karena semua yang menentukan rakyat rakyat yang pada akhirnya menjadi memutuskan siapa yang ada di hatinya. Jadi saya rasa tidak tepat narasi dinasti politik itu,” jelas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Singgung soal Uji Materi Batas Usia Capres-Cawapres

Ilustrasi Mahkamah Konstitusi (MK)
Ilustrasi Mahkamah Konstitusi (MK) (Liputan6/Putu Merta)

Panel mengamini, saat ini Gibran memang belum bisa didorong lebih jauh sebagai salah satu calon pimpinan negara, khususnya bakal calon wakil presiden sebab belum ada putusan Mahkamah Konstitusi soal uji materil batas usia capres-cawapres.

Panel meminta, publik dapat menunggu secara bersama-sama dan mematuhi apa yang nantinya menjadi kehendak MK.

“Apapun hasilnya, Projo akan tunduk dan patuh , Projo yakin itu untuk memperbaiki masa depan bangsa,” Panel menandasi.

Sebagai informasi, nama Gibran Rakabuming Raka atau yang tidak lain adalah putra sulung Presiden Jokowi akan menjadi salah satu topik pembahasan saat Rakernas Projo di GBK Arena Jakarta.


Rakernas Projo 14-15 Oktober 2023 Umumkan Nama Capres

Sebelumnya, Relawan Pro Jokowi atau Projo akan menyelenggarakan rapat kerja nasional (Rakernas) ke-6 pada 14 dan 15 Oktober 2023.

Menurut Panel Barus, selaku Koordinator Acara Rakernas Projo ke-6, acara akan dilangsungkan di Jakarta dengan mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Acara di GBK Arena, Pak Jokowi hadir, pukul 2 siang,” kata Panel di Metro Cafe Jakarta, Kamis (12/10/2023).

Panel mengungkap, ada tiga hal yang akan dilakukan dalam rakernas Projo ke-6. Pertama, pembukaan dengan mendengarkan pidato dan arahan Jokowi selaku Ketua Dewan Pembina Projo.

Kedua, lanjut Panel, melakukan sidang Rakernas yang akan berjalan tertutup untuk membahas strategi pemenangan di Pemilu 2024. Ketiga, pengumuman hasil rapat internal yang bersifat final tentang siapa sosok yang akan didukung oleh Projo di Pemilu 2024.

“Keputusan nanti sudah bulat dan bersifat resmi, akan diumumkan di hari kedua Rakernas Projo. Ini akan menjawab tanda tanya publik soal sosok siapa yang akan didukung oleh kami,” jelas Panel.

Sebagai informasi, Rakernas Projo ke-6 akan dihadiri oleh seluruh perwakilan dari 34 pengurus Projo seluruh provinsi di Indonesia dan 400 pengurus DPC nasional.

Selain itu, total kader Projo sebanyak 20 ribu orang termasuk simpatisan juga dipastikan bakal hadir akhir pekan ini di GBK Jakarta.


Sejumlah Tokoh Disebut Akan Hadir

Selain itu, Rakernas ProJo dini akan dihadiri sejumlah tokoh, Mulai dari, bakal calon presiden Prabowo Subianto hingga Ketua Umum PSI sekaligus putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep,

"Iya, kita undang (Prabowo Subianto). Kita undang semuanya. Cuma soal waktu bisa hadir atau enggak bisa hadir tergantung," jelasnya.

Budi Arie menyebut dalam rakernas nanti, Projo akan menyampaikan dukungan kepada salah satu calon presiden yang depannya P. Dia tak menjelaskan secara rinci siapa sosok P tersebut.

"Jadi pak P ya nanti. Calon yang kita dukung adalah Pak P. Kecenderungan besar (ke Pak P)," ujar Budi Arie.

"Ya pokoknya P lah. P itu bisa Pak Ganjar, bisa Pak Prabowo, bisa Pak Airlangga. Siapa yang kita dukung akan diumumkan tanggal 14 (Oktober)," imbuh dia.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya