Optimistis Satu Putaran, TKN Yakin Elektabilitas Prabowo-Gibran Makin Melejit Usai Debat Cawapres

Sekretaris TKN Nusron Wahid, menilai calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka mampu meyakini kontestasi Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 dapat berjalan hanya dengan satu putaran.

oleh Devira PrastiwiMuhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 24 Des 2023, 12:38 WIB
Diterbitkan 24 Des 2023, 12:38 WIB
Sekretaris TKN Nusron Wahid, menilai calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka mampu meyakini kontestasi Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 dapat berjalan hanya dengan satu putaran.
Sekretaris TKN Nusron Wahid, menilai calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka mampu meyakini kontestasi Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 dapat berjalan hanya dengan satu putaran. (Foto: Tangkapan layar dari Youtube KPU).

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Nusron Wahid, menilai calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka mampu meyakini kontestasi Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 dapat berjalan hanya dengan satu putaran.

Menurut Nusron, hal tersebut dipengaruhi dari performa dari Gibran Rakabuming Raka usai debat cawapres yang dihelat Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Jumat malam 22 Desember 2023.

"Kami yakin, ini akan berpengaruh pada elektabilitas Prabowo-Gibran. Kami semakin yakin Prabowo-Gibran akan menang satu putaran," ujar Nusron kepada awak media, seperti dikutip, Minggu (24/12/2023).

Nusron menilai, penampilan Gibran saat debat melawan Muhaimin Iskandar dan Mahfud Md sangat baik. Menurut dia, penyampaian visi-misi dan gagasan dibungkus dengan tutur kata yang padat sehingga mudah dimengerti.

"Pemilih yang selama ini ragu akan kembali bersama Prabowo Gibran. Anak-anak muda juga akan melihat ada perwakilan dirinya dalam sosok Mas Gibran," kata Nusron Wahid.

Nusron mengimbau, semua pihak mulai saat ini dapat menghentikan cibiran terhadap Gibran, terutama terkait hal-hal yang tidak substantif. Sebab sebelum aksi debat, kata dia, Gibran dinilai kerap menjadi sasaran verbal dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

"Segala nyinyiran yang tidak substantif akhirnya jadi senjata makan tuan," tegas Nusron.

Nusron lalu menilai, performa debat Gibran seolah mengingatkan kepada sosok Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada momentum Pilpres 2019. Karenanya tidak salah, GIbran sudah layak disebut sebagai penerus sosok Jokowi.

"Penampilan Mas Gibran mengingatkan kita pada performa Pak Joko Widodo saat debat dahulu. Mas Gibran ini Jokowi plus dengan kebaruan dan penyempurnaan," bangga Nusron.

 


Tak Perlu Ragu Lagi

Calon Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka bersama Capres Prabowo Subianto.
Calon Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka bersama Capres Prabowo Subianto di arena debat cawapres perdana di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (22/12/2023). (Foto: Tangkapan layar dari Youtube KPU).

Secara objektif, Nusron meminta publik mengamini bahwa Gibran adalah pemenang debat. Karena itu dia para pemilih tidak lagi meragu kepada Prabowo-Gibran.

"Kami yakin hampir semua pihak yang selama ini nyinyir kepada Mas Gibran akan speechless dan tak sanggup berkata-kata. Publik yang selama ini ragu akan langsung jatuh hati. Mas Gibran membuktikan diri sebagai penerus Pak Jokowi," Nusron menandasi.

Sebelumnya, calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto memuji penampilan pasangannya, Gibran Rakabuming Raka, yang dinilai mampu menguasai jalannya debat kedua pilpres 2024.

Hal itu disampaikan Prabowo usai menyaksikan debat secara langsung di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Jumat malam 22 Desember 2023.

"Terus terang saja saya sangat bangga dengan calon wakil presiden saya. Saya sangat bangga," kata Prabowo Subianto.

Prabowo mengatakan, gagasan yang dipaparkan oleh semua cawapres dinilainya sangat positif dan punya komitmen bersama dalam membangun Indonesia menuju ke arah yang lebih baik.

"Menurut saya semua positif, semua mengarah kepada keinginan untuk Indonesia maju, Indonesia sejahtera, rakyat baik," ujar Prabowo.

 


Prabowo Beri Nilai 9,9 untuk Penampilan Gibran di Debat Cawapres

Prabowo-Gibran
Pasangan Capres-Cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menghadiri debat Pilpres 2024 di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2023) malam. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Namun, Prabowo memberikan penilaian lebih kepada Gibran Rakabuming Raka yang tampil sangat luar biasa. Bahkan, bila debat diibaratkan ujian, maka Prabowo sebagai guru akan memberikan nilai 9,9 kepada Gibran.

"Tadi saya katakan, kalau saya seorang guru yang memberi nilai pada saat ujian, saya beri nilai 9,9. Kira kira begitu," ujar Prabowo.

"Dan menurut saya ini objektif. Ini nyata, semua rakyat bisa menilai kita serius," sambung dia.

Dalam kesempatan itu, Prabowo menamakan dirinya sebagai generasi jembatan.

"Kami menganggap diri kami jembatan untuk nanti generasi penerus, generasi muda akan lewat menuju Indonesia emas, Indonesia hebat, Indonesia adil dan makmur," ucap capres yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) itu.

Di akhir keterangannya, Prabowo mengucapkan selamat Natal dan Hari Ibu kepada seluruh ibu-ibu di Tanah Air.

"Selamat hari Natal bagi yang merayakan hari Natal, dan selamat Hari Ibu untuk seluruh ibu-ibu Indonesia," ucap Prabowo.

 


Respons Netizen Enggak Nyangka, Penampilan Gibran di Luar Ekspektasi

Ekspresi Para Capres/Cawapres saat Paparan Visi Misi pada Debat Perdana Pilpres 2024
Calon Wakil Presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka saat mengikuti paparan visi dan misi pada debat perdana Calon Presiden pada Pilpres 2024, Selasa (12/12/2023). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Debat pertama cawapres selesai digelar. Ketiga cawapres sudah menyampaikan visi, misi dan programnya. Tak hanya itu, ketiganya juga sudah menampilkan aksinya dalam debat.

Namun, dalam debat cawapres malam ini, publik, khususnya para pengguna jejaring sosial menyoroti cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka selama debat cawapres 2024 berlangsung.

Pantauan tim Citizen6-Liputan6.com, Jumat (22/12/2023), di lini masa X---yang sebelumnya Twitter, warganet awalnya meremehkan Gibran untuk melawan Cak Imin dan Mahfud Md.

Selain masih muda, Gibran juga dianggap tak banyak omong sehingga warganet merasa underestimate dengan sosoknya.

Tak disangka, dalam debat capres-cawapres malam ini, Gibran tampil lepas dan lugas dalam menyampaikan visi dan misinya. Tak cuma itu, putra sulung Presiden Jokowi itu juga banyak "menyentil" kedua kompetitornya yang secara jam terbang jauh di atasnya. Hal itu membuat warganet terkejut.

Respons warganet di X:"Ga nyangka ternyata gibran oke juga debatnya," tulis akun @LEMO***.

"Anjirr.. ga nyangka gua ternyata mas gibran keren jg. Di luar ekspetasi gua cok. Awokwokwok," sahut akun @Ariesta__***.

"Gibran lumayan omgg ga nyangka #DebatCawapres," kata akun @sibukdire***.

"Gilak, ga nyangka gibran se confident ini," komentar akun @Alifian_***.

"Ga nyangka liat gibran keren bgt visi misi sama jawabannya,emng bener ya kita tuh gaboleh nganggap remeh siapapun hahaha," ucap akun @aniame***.

"Ga nyangka gibran keren deh berasa kongkritnya, not bad," ucap akun @singgihakba***.

"Iya, ga nyangka juga liat Gibran, hampir semua (termasuk gue) sudah underestimate. Ini jawaban terakhir soal IKN & investasi bener-bener hit all the right spots," sahut akun @moscato_***.

"Gila, gue ga nyangka gibran bakal semantap ini.... Gue sampe shock," kata akun @MJuic***.

"Ditanya wartawan mengelak, saat debat langsung memasak #DebatCawapres," tulis warganet @_bernac***.

Infografis Harta dan Gurita Bisnis Gibran Rakabuming Raka. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Harta dan Gurita Bisnis Gibran Rakabuming Raka. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya