Cak Imin Sebut Dukungan HMI ke AMIN Tak Akan Sia-Sia: Suara Perubahan Itu Nyata

Cak Imin menyebut, selama ini aktivis HMI seperti Anies Baswedan dan aktivis PMII seperti dirinya cenderung hanya mengikuti arus. Maka, pada 2024 HMI dan PMII lewat AMIN bakal mewarnai proses demokrasi.

oleh Winda Nelfira diperbarui 27 Des 2023, 15:05 WIB
Diterbitkan 27 Des 2023, 15:05 WIB
Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin
Muhaimin Iskandar (Cak Imin) bersama Anies Baswedan saat menghadiri deklarasi dukungan KB HMI untuk pasangan AMIN di Pilpres 2024. (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Liputan6.com, Jakarta - Keluarga Besar Himpunan Mahasiswa Islam (KB HMI) resmi mendeklarasikan dukungan untuk pasangan calon presiden dan wakil presiden (Capres-Cawapres) nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN).

Cak Imin, sapaan akrab Muhaimin Iskandar menyebut, dukungan HMI untuk AMIN tidak akan sia-sia.

"Saya yakin dan optimis, amanah yang diberikan oleh para deklarator tadi amanah yang diberikan oleh para pencetus keluarga besar HMI untuk berjuang bersama-sama AMIN ini tidak akan sia-sia," kata Cak Imin dalam Deklarasi Dukungan KB HMI di Swasana Lippo, Jakarta Selatan, Rabu (27/12/2023).

Cak Imin menyampaikan, selama melakukan kampanye ke berbagai wilayah di Indonesia, dia mendapati rakyat yang menginginkan adanya perubahan di 2024 amat besar.

"Saya sudah berkeliling dari berbagai tempat juga Mas Anies nanti bisa cerita, dengan seluruh keterbatasan yang kita miliki, kita menyaksikan bahwa suara perubahan itu nyata dan besar akan terwujud di 2024 yang akan datang," ucap Cak Imin.

Meski begitu, Cak Imin tak menampik bahwa untuk mencapai perubahan dibutuhkan perjuangan. Namun, dia mengajak pendukung tidak patah semangat.

"Memang, setiap perubahan dan pembaharuan itu butuh perjuangan, dan kita tidak boleh lengah atas semangat yang tumbuh di bawah. Kita semua yang hadir di sini saatnya kita menjemput suara perubahan itu menjadi kekuatan bagi terwujudnya cita-cita kita semua," ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


HMI dan PMII Warnai Demokrasi 2024 Lewat AMIN

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin
Dari atas land rover itu, Anies-Cak Imin menyapa para pendukung sambil tersenyum dan melambaikan tangan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menyebut, selama ini aktivis HMI seperti Anies Baswedan dan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) seperti dirinya cenderung hanya mengikuti arus.

Maka, pada 2024 HMI dan PMII lewat AMIN bakal mewarnai proses demokrasi.

"Selama ini aktivis HMI aktivis PMII seperti saya, mengikuti arus jalannya perkembangan dengan kategori semaksimal mungkin bisa mewarnai. Tapi ke depan 2024 bukan hanya semaksimal mungkin, kita wajib menghadirkan totalitas perbaikan dan perubahan secara nyata," ujar Cak Imin menandaskan.


Deklarasi Dukungan KB HMI untuk AMIN

Anies Baswedan
Capres Anies Baswedan dalam acara Deklarasi dukungan dari KB HMI di Swasana Lippo Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (27/12/2023). (Liputan6.com/Winda Nelfira).

Keluarga Besar Himpunan Mahasiswa Islam (KB-HMI) mendeklarasikan dukungan kepada pasangan Anies Baswedan -Muhaimin Iskandar (AMIN) untuk pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Dukungan dibacakan oleh Inisiator Deklarasi Didin S. Damanhuri. 

"Perkenankan saya membacakan  deklarasi keluarga besar HMI. Deklarasi dukungan keluarga besar HMI pada Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN)," kata Didin di Gedung Swasana Lippo, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (27/12/2023).

Acara ini juga dihadiri langsung calon presiden (capres) Anies Baswedan dan calon wakil presiden (cawapres) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, hingga mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Hamdan Zoelva. Didin membacakan lima poin deklarasi. Di antaranya, menyatakan kepercayaan KB HMI sebagai komunitas gerakan kultural dari seluruh dunia kepada Anies-Muhaimin (AMIN) apabila terpilih menjadi Pilpres 2024.

 


Poin-Poin Dukungan KB HMI

Duet Anies-Cak Imin (AMIN) Disambut Lautan Massa di Makassar
Duet bakal Capres-Cawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin (AMIN) disambut lautan massa di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. (Foto: Tim Media AMIN)

Berikut poin lengkap deklarasi dukungan KB HMI kepada Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar:

1. Mempercayai dan meyakini bahwa pasangan AMIN (Anies-Muhaimin) apabila diberi amanah menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI 2024-2029 akan sanggup serta mampu memberikan gagasan, narasi dan karya terbaik untuk kemajuan, kewibawaan serta kemaslahatan agama, bangsa dan negara Republik Indonesia

2. Mengajak seluruh Komponen Bangsa untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan, menegakkan kembali demokrasi, kebebasan berpendapat, kebebasan akademik serta mengakhiri pengendalian bangsa dan negara Republik Indonesia oleh sekelompok kecil Pebisnis dan Politisi (Oligarki)

3. Mengajak Keluarga Besar HMI di seluruh dunia secara bersama-sama, bahu-membahu serta saling menguatkan untuk mengerahkan segala daya dan upaya, kekuatan, kemampuan serta ikhtiar terbaik memenangkan Pasangan AMIN (Anies - Muhaimin).

4. Mendukung Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Nomor Urut Satu Anies R. Baswedan dan A. Muhaimin Iskandar dalam Pemilihan Presiden tahun 2024

5. Memberikan Amanah kepada Pasangan AMIN (Anies - Muhaimin) apabila terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI 2024-2029 agar mengerahkan seluruh kemampuan dan kewenangan yang dimiliki untuk "Mewujudkan Masyarakat Adil dan Makmur yang diridhai Allah SWT". 

Infografis Ragam Tanggapan Geger Kabar Duet Anies-Cak Imin dan Tudingan Khianat. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Ragam Tanggapan Geger Kabar Duet Anies-Cak Imin dan Tudingan Khianat. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya