Ganjar Sapa Pendukung di Lampung, Simulasikan Pencoblosan Pemilu 2024

Ganjar Pranowo menyambangi kegiatan hajatan rakyat dan menyapa massa relawan Srikandi dan pendukung Ganjar-Mahfud di lapangan Expo GWH Kalianda, Lampung Selatan

oleh Dicky Agung Prihanto diperbarui 22 Jan 2024, 20:34 WIB
Diterbitkan 22 Jan 2024, 20:34 WIB
Capres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo saat menyapa Srikandi dan pendukung Ganjar-Mahfud pada hajatan rakyat di lapangan Expo GWH Kalianda, Lampung Selatan
Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo saat menyapa relawan Srikandi dan pendukung Ganjar-Mahfud pada hajatan rakyat di lapangan Expo GWH Kalianda, Lampung Selatan, Senin (22/1/2024). (Liputan6.com/Dicky Agung Prihanto)

Liputan6.com, Jakarta - Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo menyambangi kegiatan hajatan rakyat dan menyapa massa relawan Srikandi dan pendukung Ganjar-Mahfud di lapangan Expo GWH Kalianda, Lampung Selatan. Pada kegiatan tersebut Ganjar Pranowo mensimulasikan pencoblosan dan meminta pendukung mengawasi Pemilu 2024 untuk mencegah terjadinya kecurangan.

Dia pun mengapresiasi relawan Srikandi dan pendukung Ganjar-Mahfud yang hadir dalam acara tersebut.

"Saya menyampaikan terima kasih kepada warga Lampung yang sudah menyambut cukup antusias, mereka luar biasa," ujar Ganjar, Senin (22/1/2024).

Ganjar menjelaskan, kedatangannya ke Lampung untuk memberikan visual kepada seluruh calon pemilih mengenai cara mencoblos. Sehingga tidak ada lagi kesulitan saat pencoblosan pada 14 Februari 2024.

"Saya sampaikan kepada teman-teman latihan mencoblos, berikan surat suaranya, kasih contohnya, sebarkan kepada warga untuk simulasi," jelas Ganjar.

Setelah memberikan arahan cara pencoblosan, Ganjar-Mahfud mengingatkan pendukungnya untuk menjaga TPS, termasuk rekap perhitungan dalam setiap tahapan. Hal itu dilakukan untuk mencegah terjadinya kecurangan saat penghitungan suara pada Pemilu 2024.

"Butuh pengawasan sangat serius, jangan sampai ada kecurangan di sana," ucap Ganjar.

Tidak hanya itu, lanjut Ganjar, pihaknya sudah menyiapkan tim untuk memantau teknologi informasi terkait penghitungan suara sehingga nanti kesesuaian perhitungan suara. Hal itu dilakukan untuk mencegah terjadinya gangguan dari proses penghitungan maupun hasil penghitungan suara.

"Kami menyiasati cara mereka, kemudian kami melihat kecurangan itu, siasat kami adalah menjaga dari TPS sampai ke atas, sampai rekap terakhir," terang Ganjar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Awasi dan Jaga Pemilu

Capres Ganjar Pranowo menyapa relawan Srikandi dan pendukung Ganjar-Mahfud pada hajatan rakyat di lapangan Expo GWH Kalianda, Lampung Selatan, Senin (22/1/2024).
Capres Ganjar Pranowo menyapa relawan Srikandi dan pendukung Ganjar-Mahfud pada hajatan rakyat di lapangan Expo GWH Kalianda, Lampung Selatan, Senin (22/1/2024). (Liputan6.com/Dicky Agung Prihanto)

Nantinya Tim IT TPN maupun TPD akan melakukan pengawasan yang ketat untuk mencegah terjadinya kecurangan. Ganjar turut mengingatkan kepada pendukung Ganjar-Mahfud maupun warga untuk memberikan pengawasan pada Pemilu 2024.

"Saya mengingatkan kepada seluruh warga, ayo kita awasi, ayo kita jaga, agar tidak ada kecurangan di sana," ungkap Ganjar.

Ganjar menuturkan, pada kampanye Akbar dalam hajatan rakyat dilaksanakan di Bandung dan Sidoarjo menunjukan PDI Perjuangan dan partai pengusung lainnya terlihat solid. Hal itupun ditunjukan saat kampanye Akbar di Bandung, Megawati dan sejumlah petinggi partai politik menghadiri kegiatan tersebut.

"Jawa Timur, Mbak Puan dateng lalu Pak Hary Tanoesoedibjo juga ikut disana. Artinya mereka mendukung, mengusung, menyiapkan acara sendiri dan sekarang kita mau mendorong kekuatan partai mereka siap untuk menyiapkan lapangan. Jadi semakin optimis," tegas Ganjar.

Saat disinggung target perolehan suara di provinsi Lampung yang menjadi basis suara PDI Perjuangan, Ganjar mengaku telah disiapkan TPD Ganjar-Mahfud dan DPD PDI Perjuangan Lampung. Lampung menjadi salah satu basis massa terkuat di wilayah Sumatera.

"Targetnya sudah disiapkan TPD, DPD, ada banyak sama mereka, Lampung ini menjadi salah satu yang di Sumatera, sangat kuat," pungkas Ganjar.

Infografis Isu Ganjar-Mahfud Koalisi dengan Anies-Muhaimin. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Isu Ganjar-Mahfud Koalisi dengan Anies-Muhaimin. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya