Nasdem Resmi Usung Anies Baswedan Jadi Cagub di Pilkada Jakarta 2024

Hermawi menjelaskan, untuk calon wakil gubernur akan diserahkan sepenuhnya kepada Anies untuk menentukan.

oleh Muhammad AliTim News diperbarui 22 Jul 2024, 17:08 WIB
Diterbitkan 22 Jul 2024, 17:03 WIB
Anies Baswedan
Partai NasDem resmi mengusung Anies Baswedan sebagai calon gubernur pada Pilkada Jakarta 2024. (Tim News),

Liputan6.com, Jakarta - Partai NasDem resmi mengusung Anies Baswedan sebagai calon gubernur pada Pilkada Jakarta 2024. Hal itu disampaikan Sekjen Partai NasDem Hermawi Taslim di NasDem Tower, Jakarta.

Hermawi menjelaskan, keputusan tersebut diambil usai menggelar rapat yang dipimpin langsung oleh Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

"Pilkada DKI Pak Surya Paloh yang mimpin rapat langsung menetapkan (Anies Baswedan) sebagai calon gubernur DKI dari Partai NasDem," kata Hermawi, saat konferensi pers di Kantor NasDem, Jakarta, Senin (22/7/2024).

Hermawi menjelaskan, untuk calon wakil gubernur akan diserahkan sepenuhnya kepada Anies untuk menentukan.

Dia menyebut, partai NasDem akan memberikan deklarasi secara resmi jika Anies telah menentukan pasangannya pada 22 Agustus 2024 atau bisa secepatnya.

"Pak Anies juga diberikan kebebasan siapa wakilnya dengan satu syarat wakil jangan dari partai NasDem," jelas dia.

"Kemudian jadi tetapkan deklarasi dengan pasangan beliau akan jelaskan 22 Agustus 2024 tapi bisa lebih cepat kalau Pak Anies bisa menyelesaikan pekerjaannya," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Anies Baswedan menerima keputusan Partai NasDem yang telah memutuskan untuk mengusung dirinya di Jakarta.

Dia menjelaskan, saat berdiskusi dengan Surya Paloh banyak berbicara soal tentang masa depan Jakarta agar menjadi kota global setara dengan kota dunia lainnya.

"Tentang masa depan jakarta, beliau menekankan pentingnya untuk Jakarta makin maju hal-hal yang dirasakan sebagai keberhasilan diteruskan ditingkatkan hal-hal yang dirasakan perlu ditingkatkan perlu perbaikan sehingga fokus kita kedepan Jakarta sebagai salah satu kota global dunia setara dengan kota-kota global lainnya," imbuh Anies.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Anies Fokus Pikirkan Masyarakat Jakarta

Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebelumnya mengaku santai, meski DPP PKB dan DPP NasDem belum resmi mengusungnya menjadi calon gubernur (Cagub) Jakarta.

Menurutnya, waktu pendaftaran cagub masih panjang, yakni 19 Agustus 2024. "Masih panjang, kalau deadline hari ini mungkin sudah pendek. Masih panjang, kita mengalir," kata Anies di Kantor DPW PKB Jakarta, Minggu (21/7/2024).

Menurut Anies, saat ini dirinya lebih fokus memikirkan masyarakat Jakarta, terutama masyarakat menengah ke bawah.

"Dan fokus kita ini adalah masyarakat Jakarta, bahwa kondisi perekonomian keluarga apalagi yang berada di strata ekonomi lemah itu amat berat hari ini," kata dia.

Anies berharap, dirinya ke depan bisa mengembalikan kesejahteraan dan kebahagiaan bagi masyarakat Jakarta.

"Nah itu yang menjadi fokus saya, itu yang menjadi perhatian utama, sehingga kita bisa mengembalikan kesejahteraan, bisa mengembalikan kemajuan dan mengembalikan kebahagiaan, mudahan menjadi berkah," pungkasnya.


Hadiri Harlah PKB

Diketahui, Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri acara tasyakuran Harlah ke-26 PKB di Jakarta, Minggu (21/7/2024).

Mengawali sambutannya, Anies menyapa semua Ketua DPP Parpol yang hadir, salah satunya Ketua DPD Partai Gerindra Jakarta Ahmad Riza Patria. Anies pun mendoakan agar Riza bisa terpilih menjadi Wali Kota Tangerang Selatan.

“Ketua DPW Gerindra Ahmad Riza Patria, Insya Allah Wali Kota, amin,” kata Anies di Kantor DPW PKB Jakarta, Minggu (21/7/2024).

Anies juga mengajak semua peserta yang hadir pada syukuran itu untuk mengaminkan doanya untuk Riza. “Aamin yang penting yang lainnya bilang amin, aman,” ujar Anies diikuti Amin dari para hadirin.

Infografis Bursa Bakal Cagub dan Prediksi Koalisi Parpol Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Bursa Bakal Cagub dan Prediksi Koalisi Parpol Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya