PKB Tegaskan Nama Anies Usulan Wilayah, DPP Belum Putuskan Calon Pilkada Jakarta

Menurutnya, perkembangan untuk Pilkada Jakarta masih begitu dinamis. Saat ini, PKB memprioritasan wilayah lain.

oleh Muhammad AliTim News diperbarui 13 Agu 2024, 18:45 WIB
Diterbitkan 13 Agu 2024, 18:44 WIB
Wasekjen PKB Syaiful Huda
Wasekjen PKB Syaiful Huda. (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Liputan6.com, Jakarta - DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) belum memutuskan pilihan terkait pencalonan di Pilgub Jakarta terhadap Anies Baswedan. Wasekjen PKB Syaiful Huda mengatakan, dukungan terhadap Anies untuk maju sebagai calon gubernur Jakarta sebatas usulan dari tingkat DPW PKB Jakarta bukan DPP.

Huda menerangkan, DPW memang memiliki kewenangan untuk mengusulkan calon kepala daerah. Namun, keputusan resmi tetap diambil tingkat pusat.

"kewenangan memutuskan ada di DPP PKB dan saya pertegas lagi desk Pilkada belum memutuskan terkait Pilkada Jakarta," kata Huda di kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Selasa (13/8/2024).

Menurutnya, perkembangan untuk Pilkada Jakarta masih begitu dinamis. Saat ini, PKB memprioritasan wilayah lain.

"DKI dinamikanya semakin dinamis dan belum prioritas. Kita masih prioritasin yang lain," kata Huda.

Dia memastikan, proses finalisasi PKB terhadap keputusan Pilkada akan selesai sebelum tanggal 27 Agustus. Sehingga, PKB bisa berkonsultasi pada agenda Muktamar pada 24-25 Agustus ini.

"Saya kira proses pilkada hampir pasti sudah selesai sebelum tanggal 27. Jadi usulan-usulan di PKB sudah kita selesaikan sebelum tanggal 27, sehingga kita tidak punya lagi beban untuk memutuskan siapa menggandeng siapa di dalam pilkada dan kita bisa fokus konsentrasi kepada muktamar," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Bidang Komunikasi dan Informasi Teknologi DPP PKB, Ahmad Iman Sukri menyebut, partainya tak memiliki kursi yang cukup untuk mengusung Anies Baswedan sendiri di Pilgub Jakarta. Sehingga, PKB tak bisa mengusung Anies bila akhirnya PKS membatalkan pencalonan terhadap eks capres 01 itu.

"Jadi kalau PKS tidak ke Anies, otomatis ya PKB enggak bisa karena PKS kan pemenang kan. PKB kursinya 10, kurang banyak," kata Iman kepada wartawan di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Senin (12/8/2024).

Terkait Pilgub Jakarta, PKB juga masih membangun komunikasi dengan PDIP. Iman berkata, dalam seminggu ke depan PKB sudah ada keputusan terkait pencalonan Pilgub Jakarta.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mengerucut pada Inisial R

"Ya ini lagi diobrolin masing-masing, karena belum final pokoknya tunggu seminggu lah pasti ada keputusan finalnya," ucapnya.

Lebih lanjut, Iman ditanya mengenai sosok yang mengerucut bakal diusung PKB untuk Pilgub Jakarta. Ia mengungkap salah satunya berinisial R.

Adapun saat ini, tokoh inisial R yang bakal maju Pilgub Jakarta adalah Ridwan Kamil. Saat ini, RK sudah mendapat tugas dari Partai Golkar maju di Jakarta.

"Ada juga (R) haha," tutup Iman.

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

Infografis Panas Dingin Hubungan PBNU dengan PKB. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Panas Dingin Hubungan PBNU dengan PKB. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya