Ridwan Kamil Targetkan Menang di Pilkada Jakarta: Kalau Bisa Lebih dari 50%+1

Bakal Calon Gubernur (Bacagub) Jakarta Ridwan Kamil (RK) menargetkan untuk memenangkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024.

oleh Tim News diperbarui 02 Sep 2024, 04:00 WIB
Diterbitkan 02 Sep 2024, 04:00 WIB
deklarasi Ridwan Kamil dan Suswono
Di antaranya ada partai-partai KIM, pengusung Prabowo Subianto di Pilpres 2024. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Bakal Calon Gubernur Jakarta, Ridwan Kamil, menargetkan kemenangan dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024.

Hal ini disampaikannya usai menghadiri deklarasi terhadap pasangan RIDO (Ridwan-Suswono) di kawasan Jakarta Selatan.

"Ya kalau menurut UU-nya, Jakarta masih 50%+1. Minimal sesuai peraturan aja," kata Ridwan Kamil kepada wartawan, Jakarta, Minggu (1/9/2024).

Meski begitu, mantan Gubernur Jawa Barat ini ingin agar dirinya bersama dengan Suswono dapat meraih suara lebih dari aturan yang berlaku.

"Tapi kalau bisa lebih besar lebih bagus," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, ia pun menyebut, pasangan RIDO (Ridwan-Suswono) memiliki 70 gagasan yang saat ini tengah diklasterisasi.

"Kalau dibahas terlalu panjang. Tapi intinya, kami membawa solusi. Kami membawa solusi agar berkeadilan, menghadirkan solusi untuk masalah rutin ya," ungkapnya.

"Banjir, polusi, kemacetan dan menghadirkan yang tidak ada jadi ada. Karena kita mau naik kelas jadi kota global," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ridwan Kamil Ingin Debat Pilkada Jakarta 2024 Tak Saling Menjelekkan

Pasangan bakal cagub dan cawagub Jakarta Ridwan Kamil-Suswono.
Pasangan bakal cagub dan cawagub Jakarta Ridwan Kamil-Suswono. (Liputan6.com/ Nanda Perdana Putra)

Bakal calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil alias RK berharap momen debat Pilkada Jakarta 2024 tidak diwarnai dengan saling menjelekkan antarpasangan calon. Demokrasi Indonesia dinilainya akan lebih maju tanpa adanya hal tersebut.

"Karena saya ingin membawa pilkada ini dengan riang gembira, tidak menjelek-jelekkan, tidak boleh nanti debat ngomongin orang, kita nggak mau ya Pak. Kita fokus pada solusi warga Jakarta, nggak mau. Semua orang mencintai Jakarta dengan caranya. Tidak perlu kita ngomongin pribadi-pribadi. Kita fokus," tutur RK di kawasan Jakarta Selatan, Minggu (1/9/2024).

RK mengibaratkan persaingan paslon di pilkada layaknya menu yang tersedia di setiap restoran berbeda. Sementara program dan gagasan merupakan kelezatan dari sajiannya.

"Ibarat tiga restoran kita jualan, menunya ini menu saya loh paling enak, paling gurih, paling lezat, paling murah, kan begitu. Silakan pilih. Memang ada saingan, restoran sebelah dua, tapi kami menu yang paling keren, kan begitu harusnya," jelas dia.

"Bukan, oh pilihlah kami karena restoran sebelah AC-nya mati atau mahal, atau apa, nggak gitu lah. Jadi kita harus naik kelas, demokrasi kita harus naik kelas, harapannya ada di wajah Jakarta," sambungnya.

 


Siapkan Solusi Permasalahan Jakarta

Menurut RK, duet paslon Rido telah menyiapkan berbagai solusi utama, baik urusan polusi, macet, pemerataan pembangunan dan berkeadilan, hingga sikap pemerintahan yang responsif. Termasuk juga urusan mencegah kebencanaan seperti jual beli lahan parkir air untuk mengatasi banjir dan lainnya.

"Ada tujuh, puluhan gagasan yang sedang kami klasterisasi. Kalau dibahas terlalu panjang, Tapi intinya, kami membawa solusi. Kami membawa solusi agar berkeadilan, menghadirkan solusi. Untuk masalah rutin, ya banjir, polusi, kemacetan, dan menghadirkan yang tidak ada jadi ada, karena kita mau naik kelas jadi kota global," RK menandaskan.

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com

Infografis KIM Plus Usung Duet Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024. (Foto: Liputan6.com)
Infografis KIM Plus Usung Duet Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024. (Foto: Liputan6.com)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya