4 Jurus RK-Suswono Gaet Swing Voters di Pilkada Jakarta 2024

Bakal calon gubernur Jakarta, Ridwan Kamil (RK) memaparkan empat strategi kampanye untuk menarik pemilih yang belum menentukan suara, atau "swing voters", dalam Pilkada DKI Jakarta 2024.

oleh Tim News diperbarui 22 Sep 2024, 04:00 WIB
Diterbitkan 22 Sep 2024, 04:00 WIB
Bakal Calon Gubernur Jakarta, Ridwan Kamil (RK) usai mengunjungi Posko Makan Bergizi Gratis di Warakas, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (20/9/2024).
Bakal Calon Gubernur Jakarta, Ridwan Kamil (RK) usai mengunjungi Posko Makan Bergizi Gratis di Warakas, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (20/9/2024). (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Liputan6.com, Jakarta - Bakal calon gubernur Jakarta, Ridwan Kamil (RK) memaparkan empat strategi kampanye untuk menarik pemilih yang belum menentukan suara, atau "swing voters", dalam Pilkada Jakarta 2024.

Strategi ini disampaikannya dalam Apel Pemenangan RIDO di DPP Partai Golkar Jakarta, Menteng, Sabtu, (21/9/2024).

 

Strategi pertama yang diusung adalah kampanye "blusukan" atau tatap muka, di mana tim Ridwan Kamil akan turun langsung ke lapangan untuk bertemu dengan masyarakat dan menyampaikan visi-misi RIDO.

Salah satu program yang menjadi fokus adalah penyediaan dokter keliling untuk lansia serta kredit tanpa agunan bagi kaum dhuafa, yang dapat dibayar secara gotong-royong dengan nilai antara Rp500 ribu hingga Rp10 juta. 

"Sampaikan ke kaum dhuafa, kita ada kredit tanpa agunan. Asal berkumpul lima orang, satu macet, empat bertanggung jawab bergotong royong Rp500 ribu sampai Rp10 juta, sudah saya praktikkan," kata RK.

Strategi kedua adalah menyasar tokoh masyarakat, yang dinilai dapat membantu mengurangi potensi golput di hari pemungutan suara.

"OTW ke TPS masih nanya, kita nyoblos siapa ya? Karena itu, tokoh-tokoh di bawah tolong disilaturahmikan," ungkap Ridwan. seperti dilansir dari Antara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Komunikasi dengan Tokoh Masyarakat

Tampil Kompak, Ridwan Kamil dan Suswono Siap Jalani Pemeriksaan Kesehatan
Pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil dan Suswono saat tiba untuk menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD Tarakan, Jakarta, Jumat (30/8/2024). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Dia menekankan pentingnya berkomunikasi dengan tokoh masyarakat, mengingat masih banyak warga yang bingung saat hari pencoblosan.

Strategi ketiga mencakup penyelenggaraan acara-acara yang menyenangkan, seperti senam pagi, untuk menciptakan suasana yang lebih ceria dalam kampanye politik.

Strategi terakhir adalah memanfaatkan media sosial untuk menonjolkan visi-misi program RIDO.

"Tolong dikencangkan. Cukup dua saja di sosial media, tampilkan prestasi-prestasi kami terdahulu dan tampilkan solusi-solusi kami di masa depan," pungkasnya.

Infografis KIM Plus Usung Duet Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024. (Foto: Liputan6.com)
Infografis KIM Plus Usung Duet Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024. (Foto: Liputan6.com)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya