Dukung Program Makan Bergizi Gratis Prabowo, Pramono Janjikan Sarapan Gratis di Jakarta

Pramono Anung berjanji apabila terpilih menjadi Gubernur Jakarta, akan mendukung program pemerintah pusat berupa makan bergizi gratis. Pramono dan Rano Karno memiliki gagasan prgram sarapan gratis untuk warga Jakarta.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 27 Okt 2024, 20:30 WIB
Diterbitkan 27 Okt 2024, 20:30 WIB
Calon Gubernur (Cagub) nomor urut 3 Pramono saat debat kedua Pilgub Jakarta 2024.
Calon Gubernur (Cagub) nomor urut 3 Pramono saat debat kedua Pilgub Jakarta 2024. (Tangkapan Layar YouTube KPU Jakarta)

Liputan6.com, Jakarta - Calon Gubernur Jakarta nomor urut 3, Pramono Anung berjanji akan menyukseskan program pemerintah pusat berupa makan bergizi gratis yang digagas oleh Presiden RI Prabowo Subianto, apabila ia terpilih menjadi Gubernur Jakarta.

Komitmen itu ia sampaikan dalam pemaparan visi misinya di debat kedua Pilkada Jakarta 2024, di Beach City Internasional Stadium, Ancol, Jakarta Utara, Minggu (27/10/2024).

“Secara khusus, saya kebetulan dari keluarga yang sangat sederhana, untuk itu kami akan menunjang program yang dilakukan oleh pemerintah pusat, oleh Presiden Prabowo Subianto makan siang gratis,” kata Pramono.

Pramono pun menjanjikan program sarapan gratis di pagi hari. Menurutnya, program tersebut lebih efektif untuk warga Jakarta yang aktif bekerja sedari pagi.

“Maka kami akan berikan sarapan gratis di pagi hari, karena kami tahu ini sangat dibutuhkan oleh warga Jakarta,” tuturnya.

Selain itu, Pramono Anung dan Rano Karno juga menjanjikan akan membangun RSUD di Cakung, Jakarta Timur.

“Kami akan memperbaiki puskesmas yang ada memberikan pelayanan yang lebih baik, secara khusus saya akan membangun rumah sakit yang ada di Cakung karena kepadatan penduduk, Cakung sangat membutuhkan rumah sakit daerah,” kata Pramono Anung.

 

Pasukan Putih untuk Rawat Lansia

Pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur nomor 3 Pramono Anung-Rano Karno saat membacakan visi misi di debat kedua Pilgub Jakarta 2024.
Pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur nomor 3 Pramono Anung-Rano Karno saat membacakan visi misi di debat kedua Pilgub Jakarta 2024. (Tangkapan Layar YouTube KPU Jakarta)

Selain itu, Palson 03 juga menjanjikan perawatan khusus Lansia dengan membentuk pasukan putih.

“Kami juga akan memiliki pasukan putih yang akan khusus untuk para lansia, karena lansia perlu pelayanan juga di rumah masing-masing, maka kami akan adakan jemput bola,” kata dia.

Selain itu, Pramono menjanjikan kenaikan upah bagi para jumantik, daswisma hingga guru honorer mendapat gani dua kali lipat

“Jumantik, dasa wisma maka kami akan berikan insentif dua kali dari sekarang, RT akan menjadi dua kali, Rp2 juta menjadi 4 juta, RW dari Rp2,5 juta menjadi 5 juta. Guru honorer rata-rata mereka hanya menerima Rp2 juta maka kami akan berikan UMP Rp5 juta,” pungkas Pramono Anung.

Fokus Atasi Kemiskinan di Jakarta

Cagub Jakarta nomor urut 3 Pramono Anung dalam debat perdana Pilkada Jakarta 2024, Minggu (6/10/2024) di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.
Calon Gubernur Jakarta (Cagub Jakarta) nomor urut 3 Pramono Anung dalam debat perdana Pilkada Jakarta 2024, Minggu (6/10/2024) di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. (YouTube KPU Provinsi Jakarta)

Dalam pemaparan visi misi pada debat kedua Pilgub Jakarta 2024, Pramono juga menyampaikan bahwa pihaknya telah berkeliling di lebih 125 titik Jakarta. Dari blusukan tersebut, Pramono menyimpulkan bahwa persoalan utama Jakarta yang harus ditangani adalah perbedaan atau disparitas kaya dan miskin.

Karena itu, dia berjanji apabila diberi amanah masyarakat untuk memimpin Jakarta, maka hal pertama yang akan dilakukan adalah bekerja sungguh-sungguh untuk mengentaskan kemiskinan. Salah satunya lewat program Kartu Jakarta Pintar hingga pembangunan RSUD di daerah padat penduduk.

"Untuk itu, pertama KJP sangat diharapkan oleh warga Jakarta. Pengurusan KJP tak lagi terpusat di Rawa Bunga, penyelesaiannya harus selesai di 44 kecamatan di Jakarta," ujar Pramono di arena debat kedua.

Gratiskan Penerima KJP Masuk Tempat Wisata

Calon Gubernur (Cagub) nomor urut 1 Ridwan Kamil dan Cagub nomor urut 3 Pramono Anung saat debat kedua Pilgub Jakarta 2024.
Calon Gubernur (Cagub) nomor urut 1 Ridwan Kamil dan Cagub nomor urut 3 Pramono Anung saat debat kedua Pilgub Jakarta 2024. (Tangkapan Layar YouTube KPU Jakarta)

Menurut dia, penerima KJP rata-rata belum pernah melihat sejumlah tempat wisata yang dimiliki Jakarta, seperti Monas, TMII, Ancol, museum-musem, dan hingga Taman Margasatwa Ragunan.

"Untuk itu penerima KJP akan kami gratiskan masuk ke tempat-tempat tersebut," ucap Pramono.

Tak hanya itu, Pramono dan Rano Karno juga akan membuat kebijakan baru terkait Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU). Pramono ingin penerima KJMU bisa mendapatkan beasiswa hingga lulus kuliah.

"Secara khusus KJMU tidak dievaluasi setiap tahun. Mereka akan mendapatkan langsung sampai selesai kuliahnya ditanggung oleh pemerintah," ucap Pramono Anung.

  

Infografis Adu Program 3 Paslon di Debat Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Adu Program 3 Paslon di Debat Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya