Cara Mudah Buat Rumah Terasa Sejuk Atau Hangat

Salah satu masalah yang kerap dihadapi oleh pembeli rumah baru adalah menjaga kestabilan suhu ruangan. Coba lima cara mudah berikut ini.

oleh Isnaini Khoirunisa diperbarui 28 Apr 2016, 07:05 WIB
Diterbitkan 28 Apr 2016, 07:05 WIB
Rumah.com Cara Mudah Buat Rumah Terasa Sejuk Atau Hangat
Salah satu masalah yang kerap dihadapi oleh pembeli rumah baru adalah menjaga kestabilan suhu ruangan. Coba lima cara mudah berikut ini

Liputan6.com, Jakarta Rumah idaman tidak hanya sebatas penampilan luar dan dalamnya saja, namun rumah tersebut juga harus memberi kenyamanan penghuninya.

Salah satu masalah yang kerap dihadapi oleh pembeli rumah baru adalah menjaga kestabilan suhu ruangan.

Mungkin bagi sebagian orang mudah saja memasang pendingin udara untuk menghadirkan nuansa sejuk, atau bersembunyi di balik selimut ketika musim hujan.

Namun sebenarnya ada cara lebih mudah dan murah untuk membuat rumah lebih sejuk ataupun tetap hangat. Penasaran? Simak beberapa langkah berikut ini, dikutip dari Rumah.com

Lantai efisien
Untuk membuat pijakan kaki Anda tetap hangat di musim hujan, cukup menggelar karpet tebal di lantai. Atau cara lain bisa Anda coba dengan memilih lantai material parket atau kayu yang diselimuti oleh karpet tebal.

Sebagai informasi, tidak sulit merawat dan membersihkan lantai parket lho, Anda bisa simak di artikel berikut ini: Tips memasang lantai kayu parket.

Gorden tebal
Umumnya jendela kaca memiliki beberapa jenis tirai, salah satu contohnya ialah vertical blind atau tirai tipis. Akan tetapi hal ini tidak akan berpengaruh banyak terhadap temperatur ruangan.

Ruangan Anda bisa lebih efektif terasa hangat dan dingin yang sesuai dengan perubahan musim dengan memasang gorden yang tebal. Pilih kain dengan bahan seperti beludru dan suede.

Untuk kontrol panas yang optimal, gantungkan gorden dengan lebar yang melebihi panjang jendela, serta tambahkan sisa panjang hingga menyentuh lantai. Dengan begitu ruangan akan terasa lebih hangat.

Jendela dua lapis
Penggunaan jendela dua lapis sangat efektif untuk menjaga temperatur ruangan tetap sejuk. Jika Anda memiliki bujet terbatas, coba pilih lapisan film yang bisa ditempel ke jendela lama Anda.

Kaca film sangat cocok bagi Anda yang ingin menjaga privasi serta keamanan di rumah Anda. Tidak perlu khawatir gelap, karena sinar matahari akan tetap terpancar dan tidak akan membuat ruangan menjadi gerah.

Buat taman di tengah rumah
Ruang terbuka di tengah rumah/belakang rumah dapat membantu pergerakan udara di sekitar rumah.

Taman yang rimbun oleh tanaman dan pepohonan disebut-sebut bisa menciptakan iklim mikronya (iklim di dalam sebuah rumah dan sekitar rumah itu) sendiri.

Prinsipnya sama seperti penangkap angin, taman di tengah ruang ini juga memanfaatkan perputaran udara, yakni dengan menciptakan adanya perbedaan tekanan udara.

Tekanan udara di dalam ruang yang lebih tinggi daripada taman akan menyebabkan perputaran udara dalam rumah ke taman.

Bila udara di dalam mengalir ke luar maka tekanan udara di dalam turun dan akan membuat udara baru dari luar masuk untuk menggantikannya. Proses ini berlangsung terus menerus sehingga udara di dalam ruang selalu berganti dengan udara yang baru.

Memasang dinding Styrofoam
Selain sebagai peredam suara yang bagus, ternyata styrofoam ini juga dapat menjadi solusi yang murah untuk mendapatkan suhu ruangan yang lebih sejuk.

Alasannya karena styrofoam ini bukan merupakan benda yang dapat menghantarkan panas dengan baik.

Itulah sebabnya suhu di dalam ruangan yang berdinding styrofoam lebih sejuk. Anda bisa gunakan yang polos atau berwarna sambil bermain dengan interior ruangan agar terlihat lebih cantik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya