Tips Menghilangkan Bau Tak Sedap di Rak Sepatu

Bau tak sedap di dalam rak sepatu disebabkan karena bakteri yang menempel di sepatu akibat kaki berkeringat.

oleh Kantrimaharani diperbarui 19 Mei 2016, 13:00 WIB
Diterbitkan 19 Mei 2016, 13:00 WIB
Tips Menghilangkan Bau Tak Sedap di Rak Sepatu
Bau tak sedap di dalam rak sepatu disebabkan karena bakteri yang menempel di sepatu akibat kaki berkeringat.

Liputan6.com, Jakarta Bau tidak sedap yang berasal dari rak sepatu tentu sangat mengganggu kenyamanan dalam ruangan. Karena sifat ruangan yang tertutup, bau tersebut menjadi sulit dihilangkan.

Bau tak sedap sendiri sebenarnya berasal dari bakteri yang menempel pada sepatu yang berkembang biak di lingkungan yang lembap, seperti kaki yang berkeringat karena terlalu lama menggunakan sepatu.

Solusinya, Anda perlu memusnahkan bakteri pada sepatu. Dilansir dari laman www.rumah.com terdapat lima cara untuk menghancurkan bakteri pada sepatu, antara lain:

1. Cuci sepatu seminggu sekali

Beberapa sepatu bisa dibersihkan dengan mudah menggunakan air dan sabun yang lembut. Bahan-bahan mencuci sepatu umumnya menggunakan deterjen ditambah jeruk nipis untuk menghilangkan noda yang sukar hilang.

Namun beberapa lainnya menggunakan material yang butuh penanganan khusus agar tidak rusak. Untuk sepatu seperti ini, Anda bisa membeli cairan pembersih khusus yang bisa dibeli di toko-toko sepatu, atau membawanya ke jasa pencucian sepatu.

Hindari merendam sepatu dalam bejana berisi air, sebab akan menjadikan sepatu semakin lembap dan bakteri mudah berkembang biak.

2. Gunakan 3 kombinasi baking soda, tepung maizena, dan esensial oil.

Cara kedua, dengan menggabungkan 3 kombinasi berupa 1 sendok makan baking soda, 1 sendok makan tepung maizena dan 5 tetes esensial oil.

Taburkan campuran ketiganya ke dalam sepatu Anda usai memakainya. Ketiga kombinasi tersebut bersifat antiseptik yang dapat membunuh bakteri penyebab bau. Pada saat Anda hendak menggunakan sepatu kembali, bersihkan dahulu campuran tersebut.

3. Gunakan koran

Koran bekas ternyata bisa menghalau bau tak sedap di dalam rak sepatu. Caranya, letakkan koran di dalam sepatu yang sudah digunakan serta alas sepatu. Bau koran akan menyarukan bau tak sedap di dalam rak sepatu.

4. Halau bau dengan membekukan sepatu

Keempat, cara yang bisa dilakukan adalah dengan memasukan sepatu ke dalam lemari es hingga beku.

Suhu yang dingin akan menghilangkan bau dari bakteri. Caranya, masukkan sepatu ke dalam kantung plastik, kemudian masukan sepatu tersebut ke dalam freezer dalam waktu semalaman.

5. Gunakan kapur barus

Terakhir, letakkan kapur barus di sudut rak sepatu. Selain mampu mengusir bau, kapur barus juga bisa mengusir binatang seperti tikus dan kecoa. Aroma kapur barus juga memiliki sifat yang menenangkan.

Feature picture: pixabay.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya