Cara Agar Tidak Pusing Mencari Pakaian di Lemari

Menurut seorang desainer bernama Bridgette Raes tampilan luar pakaian sebenarnya memberikan aura positif.

oleh Kantrimaharani diperbarui 20 Jul 2016, 12:00 WIB
Diterbitkan 20 Jul 2016, 12:00 WIB
solusi mencari pakaian
Menyimpan pakaian secara menumpuk ternyata tidak sepenuhnya memudahkan.

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda kebingungan mencari pakaian di antara tumpukan dalam lemari? Setumpuk pakaian rapi yang disusun secara bertingkat ternyata masih kerap menyulitkan mencari tipe pakaian yang hendak Anda digunakan saat itu.

Biasanya, pakaian-pakaian yang berada di atas adalah pakaian yang baru dicuci. Sementara, orang terbiasa mengambil pakaian yang berada di tumpukan paling atas. Hal ini membuat pakaian-pakaian di bagian bawah menjadi jarang dipakai.

Anda pun merasa seolah tak punya banyak pilihan pakaian sehingga terus-menerus membeli yang baru, padahal Anda bisa saja mendapatkan banyak tampilan dengan memadu-padankan pakaian yang ada di lemari.

Agar semua pakaian yang Anda miliki mudah terlihat dan memberi inspirasi untuk mix and match, dikutip dari Rumah.com, desainer Bridgette Raes memaparkan jalan keluarnya:

Solusi 1. Kenali fungsi pakaian Anda

Tidak sedikit perempuan mengatur pakaian mereka atas dasar sering digunakan. Tujuannya agar mudah dicari saat hendak beraktivitas. Agar cara memadukan (mix and match) pakaian Anda berhasil, aturlah pakaian sesuai tempat penyimpanannya.

Pisahkan jenis pakaian yang kerap digunakan untuk beberapa rutitnitas. Misalnya, pakaian untuk bekerja, kuliah, santai, tidur, olahraga, dan lain-lain.

Jika biasa digunakan untuk kuliah atau bekerja, Anda bisa menggantungnya. Cara menggantung dapat memudahkan mencari saat pagi hari.

Solusi 2. Atur sesuai warna

Salah satu aturan dalam memadukan pakaian adalah pilihan warna. Kelompokan pakaian sesuai dengan warnanya. Cara mengelompokan warna pakaian, dilihat dari warna dasar pada kain tersebut, dan bukan pada coraknya.

Semisal Anda memiliki pakaian motif stripes (garis-garis) dengan warna-warna yang berbeda namun warna dasar pakaian adalah berwarna putih, maka pakaian tersebut disimpan pada kelompok pakaian berwarna putih.

Solusi 3. Atur sesuai klasifikasi pakaian Anda

Solusi terakhir, Anda bisa mengatur pakaian di lemari dengan cara mengklasifikasikan pakaian Anda.

Raes membagi menjadi 3 klasifikasi penting yang harus diperhatikan pengguna. Ketiga hal tersebut antara lain gradasi warna, misalnya warna merah muda hingga merah tua, corak warna, dan bahan pakaian.

Namun, bila Anda mengaturnya seperti ini, konsekuensinya berarti harus memiliki ukuran lemari yang lebih besar. Tetapi keuntungannya, dengan dirinci secara spesifik seperti itu, akan sangat membantu Anda untuk membuat daftar kebutuhan Anda pada saat membeli pakaian.

Ada tips unik dari Raes untuk Anda agar memudahkan menyusun pakaian, yakni dengan cara memotret setiap tampilan pakaian yang berbeda saat mengenakannya.

Dari foto tersebut Anda bisa membuat daftar item yang kerap digunakan atau tidak. Tentu saja, yang dikombinasikan dengan jenis pakaian lainnya.

Foto utama: Ikea

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya