Cara ini Bikin Kompor Anda Bersih Mengkilap

Bikin area memasak Anda terlihat keren dengan tiga rahasia yang bisa membuat kompor Anda bersih mengkilap.

oleh Wahyu Ardiyanto diperbarui 05 Okt 2016, 12:03 WIB
Diterbitkan 05 Okt 2016, 12:03 WIB
20161005-Kompor bersih mengkilap
Kompor yang biasa Anda gunakan untuk memasak, juga merupakan tempat bersarangnya kotoran dan minyak.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu area di dapur yang paling takut untuk dibersihkan para pemilik rumah, biasanya adalah kompor. Ya, kompor yang biasa Anda gunakan untuk memasak. Sayangnya, kompor juga merupakan tempat bersarangnya kotoran dan minyak.

Dan alasan kebanyakan orang tidak suka membersihkan kompor biasanya karena mereka tidak mengetahui cara terbaik untuk melakukannya. Tentu saja jangan jadikan hal ini alasan sehingga Anda tidak punya dapur yang rapi.

Karena itu bikin area memasak Anda terlihat seperti baru dengan tiga rahasia seperti yang dikutip dari Rumah.com yang bisa bikin kompor Anda bersih mengkilap.

1. Biasakan untuk membersihkan kompor Anda

Kebiasaan membersihkan kompor setiap kali selesai memasak dapat mencegah menumpuknya sisa-sisa minyak.

Kini saatnya mengubah cara pandang Anda. Dan tips ini bisa jadi panduan yang sempurna untuk membentuk kebiasaan positif yang konsisten untuk membersihkan kompor Anda.

Karena itu pastikan bahwa Anda selalu siap untuk menghilangkan kotoran dan minyak dari kompor. Langkahnya, siapkan sebuah spons (sebaiknya yang punya sisi lembut dan sisi kasar).

Jadi setelah Anda selesai membersihkan peralatan memasak, biasakan juga untuk langsung membersihkan kompor dengan air sabun dan spons. Kebiasaan membersihkan kompor setiap kali selesai memasak dapat mencegah menumpuknya sisa-sisa minyak.

Setelah membersihkannya beberapa kali dan mengetahui bagaimana rasanya memiliki kompor yang bersih, tentu akan membuat Anda jadi semakin rajin untuk melakukan aksi bersih-bersih terhadap kompor di rumah.

2. Gunakan cairan pembersih alami

Faktanya, ada banyak produk rumah tangga yang dapat digunakan sebagai bahan pembersih alami.

Ada banyak pilihan pembersih alami yang bisa Anda gunakan di rumah. Minyak kelapa tidak hanya bagus untuk rambut dan kulit Anda, tetapi juga kompor Anda.

Anda bisa buat cairan pembersih sendiri dengan menyampurkan dua sendok baking soda dengan secangkir kecil minyak kelapa dan menambahkannya dengan 2-3 tetes minyak esensial beraroma jeruk.

Solusi lainnya yang juga mudah adalah dengan memercikkan kompor Anda dengan baking soda dan jus lemon. Faktanya, ada banyak produk rumah tangga yang dapat digunakan sebagai bahan pembersih alami.

Cuka juga bisa digunakan sebagai pembersih yang efektif, sabun cair mampu menghilangkan noda dan minyak, baking soda mampu menghilangkan noda yang bandel, dan minyak esensial menambahkan aroma segar. Campurkan bahan-bahan itu semuanya sehingga jadi pengusir minyak dan noda yang sempurna.

Langkah ini juga dapat memangkas pengeluaran dan juga membuat Anda tenang karena produk pembersih yang Anda gunakan aman bagi Anda dan keluarga.

3. Rawat dan lindungi

Anda harus mencuci dan mengelapnya secara teratur sehingga benar-benar jadi kompor yang bersih mengkilap, sekalipun sudah tampak bersih.

Dengan melakukan pemeliharaan dan perawatan rutin tentunya akan membuat rumah Anda aman dan sehat. Jadi bersihkan kompor saat Anda akan akan menggunakan dan setelah setiap kali Anda memasak.

Para ahli merekomendasikan membersihkan kompor Anda ketika dalam kondisi hangat untuk hasil terbaik. Anda juga bisa membungkus kepala kompor Anda dengan car wax untuk melindunginya.

Jangan takut juga untuk melepas baki dan bagian pembakarnya untuk dicuci. Anda harus mencuci dan mengelapnya secara teratur sehingga benar-benar jadi kompor yang bersih mengkilap, sekalipun sudah tampak bersih.

Minyak yang menempel, kerak-kerak sisa makanan yang mengeras, akan menjadi semakin buruk jika semakin lama Anda biarkan.

Terakhir, selalu mengelap kompor Anda sebelum dan setelah Anda memasak untuk hasil terbaik. Hasilnya, Anda akan memiliki kompor yang bersih mengkilap seperti baru.

Foto: Improvenet.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya