Inilah Panduan Membeli TV yang Benar (Bag. 2)

Teknologi yang disematkan pada TV memang makin canggih sehingga terkadang bikin kita bingung saat ingin membelinya. Karena itu simaka pandua

oleh Wahyu Ardiyanto diperbarui 09 Okt 2016, 12:51 WIB
Diterbitkan 09 Okt 2016, 12:51 WIB
20161009-Tips membeli TV
Inovasi teknologi pada TV keluaran terbaru memang ditujukan untuk memanjakan pengalaman menonton Anda, lewat tampilan gambarnya yang makin jernih, tajam, detail, dan mendekati warna aslinya.

Liputan6.com, Jakarta Beragam inovasi teknologi yang disematkan pada TV keluaran terbaru tentunya memang ditujukan untuk memanjakan pengalaman menonton Anda, lewat tampilan gambarnya yang makin jernih, tajam, detail, dan mendekati warna aslinya.

Tapi masalahnya dengan semakin banyaknya pilihan teknologi yang diusung masing-masing produk malah bikin kita jadi bingung kan?!

Nah, jika pada artikel Bagaimana Memilih TV yang Tepat untuk Rumah Anda? (Bag. 1) kita telah membahas seputar ukuran layar dan resolusi layarnya, maka tips dari Rumah.com berikut akan semakin memudahkan Anda untuk memilih TV baru yang paling tepat untuk rumah Anda.

LED vs OLED

Saat ini terdapat beberapa jenis TV, mulai dari layar Plasma, LCD, LED dan OLED. Namun, TV Plasma mulai tenggelam, sedang layar LCD kurang bagus jika dilihat dari samping. Jadi sebagai panduan Anda, kami akan membandingkan antara layar LED dan OLED.

Cara kerja LED dan OLED hamper serupa. TV ini menggunakan Light Emitting Diode (LED) lampu untuk pencahayaannya sehingga mampu meningkatkan kontras gambar, warna, dan gambar secara keseluruhan. Mereka juga hemat konsumsi listrik sekitar 40% listrik dari model lainnya.

OLED sedikit berbeda karena pencahayaannya berasal dari material organik yang memancar ketika dilalui arus listrik. Teknik pencahayaan ini juga mampu menampilkan warna hitam yang lebih gelap dan kontras gambar yang lebih tinggi.

Namun, OLED jauh lebih mahal daripada LED dan sayangnya juga kurang bagus jika diletakan pada ruangan dengan banyak cahaya alami karena rentan terhadap silau. Jadi hemat uang Anda, pilih yang LED saja.

Fitur lainnya

Fitur-fitur tambahan pada TV baru memang keren, namun pastikan bahwa teknologinya memang sesuai dengan Anda.

Dan berikut adalah fitur-fitur tambahan yang biasanya juga malah bikin Anda tambah bingung saat membeli TV.

  • Curved Screen: Lebih mahal, tidak meningkatkan kualitas gambar, dan sulit dilihat jika posisi Anda dari samping.
  • 3D TV: Membutuhkan kacamata 3D, mahal, tidak benar-benar meningkatkan pengalaman menonton pula.
  • Smart TV: Lebih dari setengah TV yang ada di pasaran kini sudah mengusung teknologi Smart TV. Anda akan menghemat uang jika sudah memiliki layanan streaming seperti Chromecast atau Amazon Fire sehingga tak perlu membeli yang berteknologi Smart TV.
  • Extended Warranty: TV LED dirakit dengan daya tahan yang lama (lebih dari 40.000 jam!) sehingga jika ada masalah dengan TV Anda maka produsennya akan menanggungnya selama dalam masa garansi. Beli yang menawarkan program ini.

Terakhir, teknologi TV saat ini memang canggih dalam hal gambar, tapi sayangnya mereka jadi mengorbankan kualitas suara. Ya, layar yang tipis tidak memungkinkan menyertakan speaker besar yang berkualitas tinggi.

Karena itu Anda bisa menambahkannya soundbar atau surrounds sound system untuk memperbaiki kualitas suaranya.

Nah meskipun Anda memiliki banyak pilihan saat akan membeli TV baru, kini Anda tak perlu bingung lagi karena sudah tahu fitur seperti apa yang paling tepat untuk rumah Anda. Jadi, selamat menonton TV baru!

Foto: Improvenet.com

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya