Rumah 300 Juta-an Cocok untuk Kaum Muda di Jakarta

Rumah-rumah di pinggir Jakarta, menjadi incaran kaum muda untuk dijadikan sebagai rumah pertama.

oleh Kantrimaharani diperbarui 07 Okt 2016, 19:30 WIB
Diterbitkan 07 Okt 2016, 19:30 WIB

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin sempat bertanya, rumah yang seperti apakah yang cocok bagi Anda yang berjiwa muda dan memiliki ‘segudang’ aktivitas.

Berdasarkan penelusuran project review  pada laman Rumah.com, ternyata anak muda lebih tertarik melirik rumah dengan harga Rp300 juta-an. Adapun asumsi penilaian kaum muda adalah, mereka yang memiliki usia 25-31 tahun dengan penghasilan berkisar Rp7 juta – Rp12 juta perbulan.

Dengan kisaran harga seperti itu memungkinkan calon kreditur untuk mencicil kredit rumah (KPR) sebesar 15 persen dari penghasilan dan tenor cicilan selama 15-20 tahun.

Selain itu bukan dari sisi harga rumah dan kemungkinan cicilan kreditnya saja, tapi juga ditinjau dari lokasi yang ternyata cukup dekat dengan Jakarta, tempat di mana mereka bekerja dan menjalankan aktivitas saat liburan.

Meski jaraknya cukupnya lumayan tapi bagi konsumen muda hal tersebut bukanlah penghalang, asalkan terdapat akses transportasi cepat seperti commuter line yang bisa dijadikan alternatif transportasi menuju Jakarta.

Setidaknya terdapat tiga perumahan yang mengaku kerap didatangi oleh anak muda yang sedang mencari rumah pertamanya. Berikut ulasannya:

Perumahan Pesona Bunga Tajur Halang

Perumahan Pesona Bunga Tajur Halang

Perumahan pertama adalah Pesona Bunga Tajur Halang yang ada di Kabupaten Bogor. Perumahan ini dibanderol sebesar Rp300 juta-an. Kelebihan dari rumah ini adalah lokasi yang dekat dengan Stasiun Bojong Gede yang dilalui oleh commuter line Jabodetabek, yakni sekitar 15 menit untuk sampai ke stasiun bila dari Pesona Bunga Tajur Halang.

Tipe yang ditawarkan PT. Irgie Realty, selaku pengembang Pesona Bunga Tajur Halang, adalah Tipe 36 dan Tipe 42/70.

Keunikan lainnya, pengembang juga memberikan kemudahan pembelian. Salah satunya adalah uang muka yang bisa 10%. Maka tidak heran bila anak muda menyukai perumahan ini sebagai pilihan rumah pertama mereka.

Perumahan Grand Residence Avenue

Perumahan Grand Residence Avenue

Lokasi lain yang menawarkan rumah dengan harga Rp300 juta-an adalah Perumahan Grand Residence Avenue yang ada di Bekasi. Rumah ini menawarkan dua tipe yakni Tipe 22/72 dan Tipe 30/90. Harga rumah berkisar Rp294 juta – Rp373 juta.

Stasiun Bekasi berada di radius 17 kilometer dari Grand Residence Avenue. Kendati harus berganti angkutan umum sebanyak tiga kali untuk menuju stasiun yang merupakan pilihan transportasi favorit saat hendak menuju Jakarta, namun perumahan ini tinggi peminatnya. Lihat juga ulasan lengkap Perumahan Grand Residence Avenue klik di sini.

Perumahan Samasta Citayam Kabupaten Bogor

Perumahan Samasta Citayam

Terakhir adalah Perumahan Samasta Citayam yang berlokasi di Kabupaten Bogor. Rumah ini paling diserbu para pencari rumah pertama khusunya bagi kaum muda. Lokasinya cukup strategis, berada di 3 daerah sekaligus seperti Depok, Tangerang Selatan, dan Kabupaten Bogor, sehingga banyak diburu oleh pekerja muda yang bekerja di Jakarta.

Menurut Young and Loud Development selaku pengembang mengatakan, alasan utama pekerja muda mencari rumah Samasta Citayam, karena bisa diakses menggunakan commuter line. Stasiun terdekat adalah Stasiun Citayam yang berjarak 6,1 kilometer.

Ada dua tipe yang disediakan Samasta Citayam antara lain Tipe 36/82 dan Tipe 36/84 dengan kisaran harga Rp230 juta – Rp280 juta. Lihat resensi lengkap Perumahan Samasta Citayam di sini.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya