Tips Bersih Rumah untuk Pemilik Kucing

Memelihara kucing di rumah memang menggemaskan, tapi juga bisa bikin rumah jadi berantakan dan kotor jika Anda tidak memerhatikan hal ini.

oleh Wahyu Ardiyanto diperbarui 21 Agu 2018, 17:43 WIB
Diterbitkan 21 Agu 2018, 17:43 WIB
20161009-punya kucing rumah tetap bersih
memelihara kucing yang lucu dan menggemaskan di rumah tentu saja membutuhkan tanggungjawab, kasih sayang, dan perawatan yang benar.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki hewan peliharaan yang tingkah polahnya lucu, seperti kucing, tentunya sangat menggemaskan dan bisa jadi teman yang menyenangkan. Dan menurut sebuah penelitian, bermain-main dan membelai kucing memiliki efek yang baik bagi kesehatan.

Manusia dan kucing memang terbukti dapat hidup bersama dengan harmonis. Namun memelihara kucing yang lucu dan menggemaskan di rumah tentu saja membutuhkan tanggungjawab, kasih sayang, dan perawatan yang benar.

Di sisi lain, memelihara kucing juga bisa bikin rumah jadi berantakan dan kotor jika Anda tidak memerhatikan beberapa hal seperti yang dilansir dari Rumah.com berikut ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Perlu Diperhatikan

Miliki vacuum cleaner yang bagus

Anda tidak harus membeli yang mahal. Yang terpenting adalah Anda memiliki vacuum cleaner yang bisa bekerja dengan baik. Gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan karpet, sofa, dan tirai secara menyeluruh.

Lakukan beberapa kali dalam seminggu agar tidak ada bulu kucing yang menempel.

Kredit Pemilikan Rumah (KPR) bisa dibilang sebagai solusi cerdas cicil rumah karena Anda tak harus menunggu punya uang banyak untuk membayar rumah yang Anda beli.

Melapisi furnitur dengan handuk

Salah satu masalah yang paling sering dihadapi pemilik kucing adalah bulu hewan yang rontok dan bertebaran di mana-mana, seperti di lantai, di furnitur, dan di pakaian.

Untuk mengurangi bulu yang rontok dan tersebar di mana-mana, tempatkan handuk di mana pun kucing suka beristirahat, misalnya di sofa dan di karpet. Secara teratur, jemur handuk tersebut di luar rumah untuk menghilangkan bau.

Kemudian cuci handuk menggunakan tangan, bukan dengan mesin cuci agar tidak ada bulu kucing yang tertinggal di mesin cuci.


Bikin Rumah Kucing

Siapkan rumah untuk kucing

Kucing membutuhkan kesempatan untuk bermain-main seperti memanjat, melompat, menggaruk sesuatu, dan bergerak bebas agar tetap sehat. Itu sebabnya kucing suka memanjat jendela dan melompat-lompat di sofa.

Namun jika Anda tidak ingin jendela dan sofa rusak akibat kebiasaan kucing yang seperti suka menggaruk, buatlah rumah khusus untuk kucing. Contohnya rumah bertingkat yang terbuat dari kayu supaya kucing bisa memanjat, melompat, dan istirahat dengan nyaman dan bebas.

Selain itu, pastikan untuk membersihkan rumah kucing, terutama setelah kucing menggunakannya.

Jika Anda masih ngontrak dan ingin cepat punya rumah, Anda bisa cari di sini, ada banyak pilihan rumah mulai dari yang baru hingga seken. 

Siapkan boks untuk kotoran

Maksudnya, sediakan boks berisi pasir dan biasakan kucing untuk membuang urin dan kotoran di sana. Bersihkan boks tersebut secara teratur untuk menjaga semuanya tetap bersih. Kucing yang bersih akan selalu sehat dan merasa senang.

Manfaatkan juga jasa agen properti profesional jika Anda hendak membeli hunian. Ada banyak pilihan mulai dari agen properti dengan spesialisasi kawasan yang memahami perkembangan hingga pergerakan harga pada area spesialisasinya, agen properti dengan spesialisasi apartemen, dan lain sebagainya.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Foto Pixabay.com

Nur Rahma

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya