Tips Cerdik Menata Televisi di Apartemen Sempit

Alih-alih bikin ruangan jadi terlihat menarik, penempatan televisi di ruangan yang sempit malah bisa bikin ruangan jadi tampak membosankan.

oleh Wahyu Ardiyanto diperbarui 07 Jul 2017, 18:59 WIB
Diterbitkan 07 Jul 2017, 18:59 WIB
20170707-Panduan meletakan televisi di ruangan sempit
Layar televisi terbilang sulit dimanfaatkan untuk jadi fokal poin yang menarik pada sebuah ruangan. (Image: Pexels)

Liputan6.com, Jakarta Menata apartemen atau ruangan yang sempit memang bisa dibilang sebagai pekerjaan yang agak mengerikan. Bukan apa-apa, keterbatasan ruangan, alur keluar masuk yang sempit, sampai dengan penataan tempat duduk bisa jadi tantangan tersendiri.

(Baca juga: Tips Menyimpan Barang di Apartemen Sempit)

Dan tantangannya pun makin terasa meningkat manakala Anda harus meletakkan sebuah televisi berlayar datar yang lebar di ruang tamu atau apartemen berukuran studio. Ya, apalagi layar televisi terbilang sulit dimanfaatkan untuk jadi fokal poin yang menarik pada sebuah ruangan.

Alih-alih membuat ruangan jadi terlihat menarik, penempatannya yang kurang pas malah bisa bikin ruangan jadi tampak membosankan loh! Untuk itu simak beberapa ide kreatif dari Rumah.com untuk menata televisi di ruangan sempit berikut ini.

1. Manfaatkan Televisi sebagai Partisi Ruang

Tahukah Anda jika televisi Anda bisa berfungsi lebih dari sekedar sarana hiburan? Ya, perangkat ini memang bisa Anda manfaatkan menjadi bagian dari arsitektur ruang. Tidak peduli sekecil apapun ukuran rumah atau apartemen Anda, televisi juga bisa Anda manfaatkan sebagai partisi yang memisahkan dua ruang sesuai fungsinya masing-masing (misalnya ruang tamu dan kamar tidur).

Psst! sebagai bonus, Anda bisa menyaksikan program televisi favorit dari dua ruangan yang berbeda, cukup memutar layar datar televisi Anda. Tetapi pastikan Anda meletakkan dengan benar supaya tidak mudah terjatuh apabila terkena sedikit guncangan.

2. Buat Dinding Galeri di Sekitar Televisi

Anda bisa memudarkan tampilan televisi yang lebar dan membosankan dengan memadupadankannya ke dalam hiasan dinding yang artistik. Kombinasikan beberapa hiasan gantung seperti bingkai foto, jam dinding, dengan layar televisi Anda.

Tata dengan rapi dan jangan ragu memanfaatkan ruang kosong di bagian bawahnya untuk laci penyimpanan.

(Simak juga: Pilihan apartemen dengan harga terjangkau di bawah Rp300 jutaan)

3. Letakkan di Sudut Ruangan

Sudut ruangan seringkali menjadi area yang tidak terpakai untuk dihias, terutama jika ruangannya sempit. Manfaatkan hal ini dengan meletakkan atau menggantung sebuah televisi layar datar di sandarannya. Cara ini terbukti membuat ruangan tampak lebih luas dari sebenarnya.

4. Sembunyikan Televisi

Ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang memiliki televisi yang besar namun khawatir mendominasi ruangan yang berukuran kecil. Ketika tak digunakan, Anda bisa menyembunyikan televisi dengan cara menutupnya dengan kain tirai.

Cara lainnya bisa juga menggunakan papan geser (misalnya dari sliding door) yang diberi bubuhan karya seni di permukaan papannya. Dengan demikian, Anda punya dua gaya yang berbeda untuk ruangan ketika televisi mati atau menyala.

 

Isnaini Khoirunisa

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya