Aplikasi Sigabon Siap Kawal Pemudik yang Lewat Cirebon

Persiapan terus dilakukan Polres Cirebon dalam mengawal kelancaran arus mudik Lebaran 2018.

oleh Panji Prayitno diperbarui 11 Mei 2018, 07:35 WIB
Diterbitkan 11 Mei 2018, 07:35 WIB
Aplikasi Sigabon Siap Kawal Pemudik yang Lewat Cirebon
Polres Cirebon saat uji coba penggunaan aplikasi Sigabon dalam persiapan mengawal kelancaran Arus Mudik 2018. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Liputan6.com, Cirebon - Kesiagaan polisi dalam mengawal kelancaran arus Mudik Lebaran 2018 menjadi prioritas utama. Sejumlah persiapan pun dilakukan kepolisian baik dari Mabes Polri hingga tingkat polda.

Sejumlah langkah dipersiapkan khususnya untuk mengurai tingkat kemacetan yang tinggi saat mudik berlangsung. Polres Cirebon sudah membuat aplikasi untuk membantu kepolisian bekerja, aplikasi tersebut bernama Siaga Cirebon (Sigabon).

"Kita akan mengurai kemacetan berbasis teknologi informasi. Titik rawan macet di dalam tol wilayah Cirebon dipasangi CCTV," kata Kapolres Cirebon AKBP Suhermanto, Kamis, 10 Mei 2018.

Dia berharap, peluncuran aplikasi tersebut semakin memudahkan kinerja polisi dalam memantau para pemudik. Aplikasi tersebut dapat diunduh melalui Google Play.

Pengendara bisa melaporkan informasi terkini kejadian yang terjadi sepanjang perjalanan mudik di pantura Cirebon melalui aplikasi. Sementara untuk menunjang kinerja, polisi menyiagakan tim pengurai kemacetan.

"Masyarakat cukup menekan tombol 'Panic Button' sehingga dari pusat komando bisa mengerahkan anggota terdekat di lokasi," imbuhnya.

Dalam mengantisipasi kemacetan panjang, polisi akan berkoordinasi dengan Pertamina. Dia meminta agar Pertamina menyiapkan SPBU berjalan untuk mengantisipasi kebutuhan bahan bakar apabila kendaraan berhenti di tengah jalan.

Pada persiapan arus mudik tahun 2018, Polres Cirebon tengah melakukan koordinasi dengan berbagai instansi termasuk Polda Jawa Tengah. Polres Cirebon juga akan membuat perjanjian tertulis dengan pedagang pasar yang ada di perlintasan jalur mudik.

"Kami akan buat MoU agar pada H-7 lebaran pedagang pasar khususnya pasar tumpah sudah clear. Untuk jalur alternatif akan kami buatkan posko rest area bekerja sama dengan Polsek," sebut dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pasang CCTV

Aplikasi Sigabon Siap Kawal Pemudik yang Lewat Cirebon
Polres Cirebon saat uji coba penggunaan aplikasi Sigabon dalam persiapan mengawal kelancaran Arus Mudik 2018. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Selain penggunaan aplikasi dan siaga personel, Polres Cirebon juga sudah koordinasi dengan Bina Marga. Koordinasi tersebut terkait dengan jumlah CCTV yang terpasang di beberapa titik jalur tol wilayah Cirebon.

Dia menyebutkan, saat ini, baru terpasang 4 CCTV di beberapa titik pintu tol. Ke depan, Polres Cirebon akan menambah jumlah CCTV yang terkoneksi langsung dengan pusat komando.

Selain CCTV, Polres Cirebon juga menyiagakan anggota di beberapa titik. Petugas tersebut untuk merespon segala pengaduan masyarakat selama arus mudik berlangsung.

"Kita sudah rapat koordinasi dengan Jawa Tengah untuk menyamakan persepsi mengenai penanganan arus mudik dan balik Lebaran 2018," ujar dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya