Top 3 Berita Hari Ini: Kelaparan Berujung Nestapa di Pulau Seram

Top 3 berita hari ini, banyak anggota suku terasing di Pulau Seram, kondisinya semakin melemah akibat gangguan kesehatan dan busung lapar. Tiga orang bahkan kehilangan nyawa.

oleh Nefri IngeBangun SantosoMaria FloraAbdul Karim diperbarui 25 Jul 2018, 00:03 WIB
Diterbitkan 25 Jul 2018, 00:03 WIB
Ilustrasi kelaparan
Ilustrasi kelaparan. (AFP)

Liputan6.com, Ambon - Top 3 berita hari ini, akibat kekurangan gizi, ratusan anggota suku terasing di Pulau Seram, Kepulauan Maluku, Ambon, menderita kelaparan. Beberapa dari mereka bahkan meninggal dunia. 

Saat itu, kondisi mereka semakin melemah akibat mengalami gangguan kesehatan dan busung lapar.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Alex Noerdin memutuskan menutup lokasi venue Asian Games 2018 untuk umum usai dirusak suporter Sriwikaya FC yang kesal lantaran klub yang dibelanya kalah.

Melihat kondisi ini, dia meminta mereka yang bertindak kriminal dihukum sesuai undang-undang. Terkait perbaikan fasilitas Stadion Gelora Sriwijaya, Nurdin memastikan akan rampung dalam satu pekan terakhir. 

Lain halnya di Jambi. Sebuah video viral sempat bikin geger warganet. Pasalnya, saat polisi lalu lintas menilang tiga orang yang berboncengan motor, ternyata satu penumpangnya telah meninggal dunia.

Berikut berita terpopuler dalam Top 3 Berita Hari Ini: 

1. Bencana Kelaparan Renggut 3 Nyawa di Pedalaman Pulau Seram

Ada sekitar 170 jiwa lagi yang juga mengalami kelaparan parah di pedalaman Pulau Seram. Namun, pemerintah baru berencana memberi bantuan pada Rabu besok. (dok. BPBD Kabupaten Maluku Tengah/Abdul Karim)

Sedikitnya tiga warga suku terasing yang mendiami pedalaman Pulau Seram di Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku, meninggal dunia akibat busung lapar. Sementara, ratusan jiwa mengalami kelaparan parah sejak sebulan terakhir.

Menurut Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Maluku Tengah Haradji Patty, sekitar 170 jiwa yang mendiami Bantaran Sungai Kobi, Laihaha, dan Bantaran Sungai Tilupa terdampak bencana kelaparan. 

Kelaparan yang melanda suku terasing di bawah kaki Gunung Markelle ini akibat perkebunan mereka diserang babi hutan dan tikus.

Selengkapnya...

2. Wajah Masam Gubernur Sumsel Lihat Venue Asian Games yang Dirusak Suporter Sriwijaya FC

Anggota TNI Kodam II/SWJ membantu membereskan dan memperbaiki kursi penonton di Stadion Gelora Sriwiijaya JSC Palembang (Liputan6.com / Nefri Inge)

Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Alex Noerdin memutuskan menutup lokasi venue Asian Games 2018 itu untuk umum usai insiden perusakan kursi penonton yang dilakukan suporter Sriwijaya Football Club (Sriwijaya FC).

Meskipun disterilisasi, kawasan JSC Palembang tetap bisa digunakan untuk perbaikan dan persiapan fasilitas jelang Asian Games 2018. Sterilisasi venue Asian Games juga turut diaminkan oleh pihak Inasgoc.

"Secara keseluruhan tidak mengganggu persiapan (Asian Games), tapi mengganggu perasaan, memalukan Sumsel," kata Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Alex Noerdin.

Selengkapnya... 

3. Penjelasan Polisi soal Video Pengendara Motor Bonceng Jenazah di Jambi

Video anggota Polisi Lalu Lintas (Polantas) Polres Tanjab Timur, Jambi menghentikan pengendara sepeda motor berboncengan tiga viral di media sosial.

Media sosial dihebohkan dengan kemunculan sebuah video berdurasi 1,28 detik yang diduga diambil di Jambi. Video itu memperlihatkan tiga orang yang tengah mengendarai sepeda motor dihentikan polisi. 

Namun, saat ditanya polisi, pengemudi sepeda motor itu justru meminta tolong. Mereka diketahui tengah membawa seorang laki-laki yang diduga telah menjadi jenazah alias meninggal dunia.

Selanjutnya, dengan menggunakan mobil patroli, polisi membawa jenazah tersebut ke rumah duka yang jaraknya sekitar 20 kilometer dari lokasi.

Selengkapnya...

Saksikan video pilihan di bawah ini:

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya