Hore, Jalan Tol Jakarta-Surabaya Tersambung Akhir Tahun

Presiden Jokowi memastikan jalan tol yang menghubungkan Jakarta-Surabaya akan selesai pembangunannya pada akhir tahun ini.

oleh Fajar Abrori diperbarui 29 Nov 2018, 08:31 WIB
Diterbitkan 29 Nov 2018, 08:31 WIB
Presiden Jokowi Resmikan Tol Sragen-Ngawi
Presiden Jokowi meresmikan jalan tol Sragen-Ngawi, Rabu (28/11).(Fajar Abrori/Liputan6.com)

Liputan6.com, Solo - Presiden Joko Widodo memastikan jalan tol Jakarta-Surabaya akan rampung dikerjakan pada akhir tahun ini. Saat ini, masih terdapat empat ruas jalan tol yang belum selesai pengerjaannya untuk menghubungkan dua kota besar tersebut.

"Tadi pagi saya juga menanyakan ke menteri, kapan selesai pembangunan jalan tol Jakarta sampai Surabaya," kata Presiden di Solo, Rabu, 28 November 2018.

Presiden yang akrab disapa Jokowi itu mengungkapkan berdasarkan laporan yang diterimanya jika pembangunan jalan tol Jakarta-Surabaya itu akan selesai pada akhir tahun nanti.

Pasalnya, untuk menghubungkan Jakarta dan Surabaya itu masih menunggu selesainya pembangunan empat ruas jalan tol, yakni ruas tol Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Salatiga-Solo, dan Wilangan-Kertosono.

"Tinggal ruas itu saja yang belum selesai. Dan itu sudah saya pastikan sampai akhir tahun di Desember sudah selesai. Artinya Jakarta-Surabaya atau Surabaya-Jakarta sambung," ucapnya bangga.

Setelah jalan tol Jakarta-Surabaya tersambung, menurut Jokowi, pembangunan jalan tol akan diteruskan hingga ke arah timur, yakni Probolinggo. Rencananya pembangunan jalan tol Probolinggo itu akan selesai pada awal tahun.

"Nanti diteruskan sampai Probolinggo. Kurang lebih maksimal sampai bulan Februari pembangunan jalan tol hingga Probolinggo itu selesai," tuturnya.

Sedangkan untuk jalan tol yang menghubungkan Merak hingga Banyuwangi diperkirakan akan selesai pada tahun depan. "Untuk Merak dan Banyuwangi, selesai masih sampai akhir tahun 2019 nanti," sebutnya.

Dalam kunjungannya ke wilayah Solo Raya hari ini, selain menghadiri penutupan Rapimnas Kadin, Presiden Jokowi juga meresmkian jalan tol Solo-Kertosono ruas Sragen-Ngawi. Jalan tol yang menghubungkan perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur itu memiliki panjang 51 kilometer.

"Tadi pagi saya meresmikan tol dari Sragen ke Ngawi," kata dia.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya