Semangat Gotong Royong Warga Tak Luntur di Tengah Tingginya Aktivitas Vulkanik Sinabung

Aktivitas vulkanik Gunung Sinabung dalam beberapa hari terkhit cukup tinggi. Bahkan, hingga saat ini, gunung yang berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut) masih erupsi dengan mengeluarkan abu vulkanik.

oleh Reza Efendi diperbarui 14 Agu 2020, 13:42 WIB
Diterbitkan 14 Agu 2020, 13:42 WIB
Gotong royong warga Karo
Di tengah tingginya aktivitas vulkanik Sinabung, semangat gotong royong warga menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-17 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2020 tidak luntur.

Liputan6.com, Karo Aktivitas vulkanik Gunung Sinabung dalam beberapa hari terakhir cukup tinggi. Bahkan, hingga saat ini, gunung yang berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut) masih erupsi dengan mengeluarkan abu vulkanik.

Di tengah tingginya aktivitas vulkanik Sinabung, semangat gotong royong warga yang bermukim di Desa Sukandebi, Kecamatan Namanteran, untuk menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2020 tidak luntur.

"Kita gotong royong membersihkan desa sambut 17 Agustus. Walau Sinabung masih erupsi, kami tetap semangat gotong royong," kata seorang warga Desa Sukandebi, Nurmiana Br Perangin-angin, Jumat (14/8/2020).

Warga lainnya, Supriadi menyebut, rasa cemas tetap dirasakan. Apalagi Gunung Sinabung telah erupsi beberapa kali sejak Sabtu, 8 Agustus 2020, sampai saat ini. Gotong royong yang mereka lakukan selain menyambut 17-an juga sekalian membersihkan abu vulkanik.

"Kita juga bersih-bersih ini sekalian untuk membersihkan abu vulkanik Sinabung yang menutupi jalan di desa ini," sebutnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kembali Erupsi

Gunung Sinabung erupsi
Petugas Pos Pengamatan Gunungapi Sinabung, Armen Putra mengatakan, erupsi kedua ini terjadi pukul 17.18 WIB. (Istimewa)

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung, Badan Geologi dan PVMBG, Armen Putra mengungkapkan, pukul 10.30 WIB tadi Gunung Sinabung kembali erupsi dengan tinggi kolom lebih kurang 2.100 meter.

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang condong ke arah tenggara dan selatan. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 64 mm.

"Durasi lebih kurang 1 menit 40 detik," Armen menandaskan.


Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

vertical sinabung
vertical sinabung
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya