Pesan Erick Thohir kepada Kepala Daerah Setelah Terima Vaksin

Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Erick Thohir yang juga Menteri BUMN berpesan agar seluruh kepala daerah untuk menjaga penyimpanan vaksin tetap berada dalam kondisi baik.

oleh Huyogo Simbolon diperbarui 07 Jan 2021, 17:06 WIB
Diterbitkan 07 Jan 2021, 17:00 WIB
Erick Thohir
Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) sekaligus Menteri BUMN Erick Thohir mengunjungi PT Bio Farma di Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (7/1/2021). (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Liputan6.com, Bandung Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Erick Thohir yang juga Menteri BUMN berpesan agar seluruh kepala daerah untuk menjaga penyimpanan vaksin tetap berada dalam kondisi baik.

Erick menyebutkan, vaksin Covid-19 yang telah didistribusikan PT Bio Farma harus berada suhu 2-8 derajat Celsius demi menjaga kualitas vaksin untuk program vaksinasi Covid-19.

"Saya memohon dengan hormat kepada para pimpinan daerah karena ini vaksinnya harus 2-8 derajat, jangan sampai ada kegagalan di penyimpanan. Karena kalau tadi tidak di 2-8 derajat, vaksin yang akan dilakukan tentu kualitasnya tidak sesuai," ujarnya saat mengunjungi Gedung Bio Farma di Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (7/1/2021).

Dalam kesempatan itu, Erick melihat langsung tempat penyimpanan vaksin Covid-19. Dari informasi yang dia peroleh, terdapat 10 storage di Bio Farma yang sudah sesuai dengan standar.

"Alhamdulillah, saya diberikan kesempatan mengecek langsung vaksin yang sudah ada di sini. Storage-nya jelas ada 10 storage. Suhunya 2-8 derajat, masing-masing storage bisa menampung 8 juta. Jadi kalau 10 storage itu 80 juta," tuturnya.

Seperti diketahui, PT Bio Farma mulai mendistribusikan tiga juta dosis vaksin Covid-19 buatan Sinovac ke 34 provinsi di Indonesia pada minggu ini untuk persiapan pelaksanaan program vaksinasi tahap pertama.

Proses distribusi vaksin tidak hanya dilakukan oleh Bio Farma melainkan melibatkan banyak pihak termasuk provinsi, kabupaten-kota dan puskesmas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini


Memiliki Barcode

Vaksin Covid-19
Vaksin Covid-19 yang didistribusikan PT Bio Farma memiliki barcode. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Dalam kunjungannya, Erick yang didampingi Direktur Utama PT Bio Farma Honesti Basyir, tak hanya melihat ruang penyimpanan vaksin. Erick juga mengunjungi command center yang difungsikan untuk memantau distribusi vaksin.

"Saya tadi mengecek kepastian tugas yang diberikan pemerintah kepada Bio Farma di mana tadi saya awali di ruang monitoring jelas sudah terkirim 30 vaksin ke 34 provinsi," ujarnya.

Erick menjelaskan, bahwa setiap vial vaksin Covid-19 memiliki barcode. Selain itu, barcode juga terpasang di boks besar dan boks sedang untuk penyimpanan vaksin.

"Ini menunjukkan Bio Farma serius menjalankan tugasnya, mengirimkan vaksin ke 34 provinsi dan terkirim dengan baik," katanya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya