Jumat Agung, Brimob Polda Sumut Sterilkan Gereja Katedral Medan

Untuk memberikan rasa aman dan nyaman umat Kristiani dalam melaksanakan ibadah Jumat Agung di Gereja Katedral Medan, Jalan Pemuda, Kota Medan, Satuan Brimob Polda Sumut melalui Subden KBR Detasemen Gegana melakukan sterilisasi.

oleh Reza Efendi diperbarui 02 Apr 2021, 17:27 WIB
Diterbitkan 02 Apr 2021, 17:27 WIB
Brimob Polda Sumut
Personel Brimob Polda Sumut melakukan sterilisasi di Gereja Katedral Medan, Jalan Pemuda, Kota Medan

Liputan6.com, Medan Untuk memberikan rasa aman dan nyaman umat Kristiani dalam melaksanakan ibadah Jumat Agung di Gereja Katedral Medan, Jalan Pemuda, Kota Medan, Satuan Brimob Polda Sumut melalui Subden KBR Detasemen Gegana melakukan sterilisasi.

Informasi diperoleh Liputan6.com, Jumat (2/4/2021), sejak pagi, baik personel KBR maupun Jibom Detasemen Gegana Sumut sudah berada di gereja-gereja prioritas, salah satunya Gereja Katedral Medan.

"Kita tingkatkan pengamanan, mulai dari internal gereja. Dari kami saling koordinasi. Pemeriksaan dimulai dari setiap kendaraan yang masuk, kemudian identitas tamu, maupun jemaah yang tidak dikenal," kata Dansat Brimob Polda Sumut, Kombes Suheru.

Disebutkan Suheru, pihaknya juga memberikan keamanan ekstra kepada umat dan jemaat dalam menjalankan kegiatan ibadah di masa Pekan Paskah, yang dimulai dari Kamis Putih, Jumat Agung, hingga Minggu Paskah.

"Beberapa gereja tetap menggelar ibadah tatap muka, meski dengan jemaat yang dibatasi sesuai dengan protokol kesehatan," sebutnya.

Suheru juga menyampaikan, pihaknya memberikan pelayanan dan keamanan kepada masyarakat yang akan beribadah di masa Paskah. Bersama TNI, pihaknya memberikan pengawalan dan pengamanan penuh di setiap kegiatan ibadah di gereja.

"Kami juga meningkatkan pengamanan dan patroli ke rumah-rumah ibadah selama pekan suci berlangsung," tandasnya.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


14 Personel Dikerahkan

Brimob Polda Sumut
Sterilisasi dilakukan personel Brimob Polda Sumut di Gereja Katedral Medan

Sebanyak 14 ribu personel Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) dikerahkan mengamankan gereja-gereja terkait pelaksanaan ibadah Paskah. Hal ini dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman masyarakat.

Kepala Bidang (Kabid Humas) Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi mengatakan, pihaknya juga berkerja sama TNI dan seluruh stakeholder berupaya semaksimal mungkin dalam pengamanan, dan terus melaksanakan patroli gabungan bersama meninjau sejumlah rumah ibadah.

"Juga memantau situasi Kamtibmas di Kota Medan, Belawan, dan Deli Serdang. Tidak hany Paskah, juga sambut Ramadan," kata Hadi, Kamis, 1 April 2021.

Disebutkan Hadi, situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di Sumut masih terpantau aman dan kondusif. Masyarakat diiimbau tidak usah takut terhadap ancaman teror, dan tetap melaksanakan aktifitas rutin sebagaimana biasanya.

"Namun tetap waspada mengantisipasi aksi kejahatan, dan tetap menjalankan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran dan penularan Covid-19," sebutnya.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya