Duh, Beras Bantuan PPKM di Kabupaten Pandeglang Tidak Layak Makan

Beras bantuan PPKM 2021 yang dikirim melalui PT Pos Indonesia tidak layak konsumsi. Saat dibuka warga penerimanya, sudah ada yang menggumpal seperti batu dan warnanya kecokelatan.

oleh Yandhi Deslatama diperbarui 06 Agu 2021, 11:00 WIB
Diterbitkan 06 Agu 2021, 11:00 WIB
Gumpalan Beras Bantuan Yang Di Terima Warga Kabupaten Pandeglang, Banten. (Kamis, 05/08/2021).
Gumpalan Beras Bantuan Yang Di Terima Warga Kabupaten Pandeglang, Banten. (Kamis, 05/08/2021).

Liputan6.com, Pandeglang Beras bantuan PPKM 2021 yang dikirim melalui PT Pos Indonesia tidak layak konsumsi. Saat dibuka warga penerimanya, sudah ada yang menggumpal seperti batu dan warnanya kecokelatan.

Di karung putih itu terdapat tulisan "Bantuan Beras PPKM 2021" dan "Beras Bulog Medium 10 kg" yang disalurkan untuk warga Kelurahan Pandeglang, Kabupaten Pandeglang, Banten, pada Senin-Selasa, 2-3 Agustus 2021.

"Beras dari Bulog bantuan PKH. Saya balikin lagi ke kelurahan, bawa dua karung. Beras ini enggak bisa dimakan, merasa kecewa," kata Uki, warga setempat, saat ditemui di kantor Kelurahan Pandeglang, Kamis (5/8/2021).

Menurut Lurah Pandeglang, M Apendi, dia mengaku beras itu berasal dari Bulog yang dikirim melalui PT Pos Indonesia. Pihak kelurahan hanya menyediakan tempat untuk penyerahan beras, kemudian dibagikan langsung ke masyarakat oleh PT Pos.

"Yang menyalurkan langsung adalah PT Pos, kami tidak tahu beras seperti ini. Kami kaget, karena kami hanya menyediakan tempat saja. Mekanisme penyaluran itu PT Pos," kata Lurah Pandeglang, M Apendi, di tempat yang sama.

Apendi mengakui baru pertama kali mendapatkan beras yang kualitasnya buruk dan tidak bisa dimakan manusia. Dia mengklaim, jika ada bantuan yang disalurkan melalui kelurahan, dirinya selalu memeriksa terlebih dahulu. Jika tidak sesuai, akan dikembalikan ke pemilik asalnya.

"Kami laporkan ke pimpinan, untuk mengetahui dan menindaklanjuti temuan beras seperti ini. Karena ini ditulisnya beras premium. Baru pertama kali terjadi. Biasanya ada bantuan sembako kami teliti dulu, kalau tidak sesuai kami koordinasi dengan dinas sosial," ujarnya 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak video pilihan berikut ini:


Pengakuan PT Pos Indonesia

Gumpalan Beras Yang Di Terima Warga. (Kamis, 05/08/2021).
Gumpalan Beras Yang Di Terima Warga. (Kamis, 05/08/2021).

Kemudian PT Pos Indonesia Cabang Pandeglang mengaku hanya bertugas mengirim beras. Sedangkan penyedia dan yang mengetahui kualitasnya dari PT Bulog.

"Kami hanya sebagai transporter saja. Kaitan kualitas berasnya, menjadi ranah penyedia, Bulog," kata Andri Maulana, Manager PT Pos Indonesia Cabang Pandeglang, kepada perwakilan awak media melalui selulernya, Kamis (5/8/2021).

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya