Jokowi Instruksikan Kementerian BUMN Bangun SPBU Khusus Nelayan

Pembangunan SPBU khusus nelayan agar para nelayan memiliki pasokan khusus sehingga tidak perlu kesulitan mengantre solar di pom bensi umum.

oleh Panji Prayitno diperbarui 14 Apr 2022, 03:00 WIB
Diterbitkan 14 Apr 2022, 03:00 WIB
Jokowi Instruksikan Kementerian BUMN Bangun SPBU Khusus Nelayan
Presiden Joko Widodo didampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bertemu nelayan hingga pedagang di Cirebon. Foto (Istimewa)

Liputan6.com, Cirebon - Sejumlah nelayan Desa Bandengan Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon menyampaikan curhatannya langsung kepada Presiden Joko Widodo.

Presiden Jokowi didampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membagikan bantuan kepada masyarakat. Dalam kunjungan tersebut, Jokowi mengaku masyarakat nelayan di Desa Bandengan mengeluhkan keberadaan solar.

"Tadi kita berdialog dengan nelayan yang ada di Desa Bandengan dan para nelayan mengeluhkan masalah solar," ujar Jokowi, Rabu (13/4/2022).

Jokowi mengatakan, para nelayan di Desa Bandengan Kabupaten Cirebon mengeluhkan kesulitan dapat pasokan BBM jenis solar. Hal itu untuk dijadikan bahan bakar perahu nelayan saat melaut.

Dari hasil interaksinya, Presiden Jokowi memberikan solusi dengan menginstruksikan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk membangun SPBU khusus nelayan.

Pembangunan SPBU khusus nelayan agar para nelayan memiliki pasokan khusus sehingga tidak perlu kesulitan mengantre solar di pom bensi umum.

Sedangkan terkait solar yang langka, Kang Emil menjelaskan, bahwa Presiden Jokowi telah memberikan solusi dengan menginstruksikan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk membangun SPBU khusus nelayan.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pendangkalan

Jokowi Instruksikan Kementerian BUMN Bangun SPBU Khusus Nelayan
Presiden Joko Widodo didampingi Gubernun Jawa Barat Ridwan Kamil bertemu nelayan hingga pedagang di Cirebon. Foto (Istimewa)

Dengan demikian nelayan memiliki pasokan khusus dan tidak perlu kesulitan mengantre solar di pom bensin umum.

"Terkait curhatan solar langka, solusinya Pak Presiden mengarahkan Kementerian BUMN mendirikan SPBU untuk nelayan, yakni SPBN (Stasiun Pengisian Bahan Bakar untuk Nelayan)," terang Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil usai mendampingi Jokowi.

"Sehingga nelayan perahunya tidak usah ngantre bersaing dengan motor dan mobil di darat," imbuhnya.

Dia menyebutkan, ada dua topik permasalahan yang menjadi curahan hati (curhat) nelayan, selain solar, mereka juga mengeluhkan terkait pendangkalan sungai tempat dilabuhkannya kapal-kapal nelayan.

Menurut Kang Emil, pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan menindaklanjuti masalah pendangkalan sungai dengan melakukan pengerukan dan pembersihan sungai.

"Pendangkalan sungai yang menyebabkan tidak optimalnya perahu akan segera dilakukan pendalaman, pembersihan oleh Kementerian PUPR," kata Kang Emil.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya