Pantang Bosan, Ini 5 Makanan Olahan dari Ikan Cakalang Khas Manado

Di Manado, ikan cakalang bisa diolah menjadi berbagai masakan yang menggugah selera.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 09 Sep 2022, 12:00 WIB
Diterbitkan 09 Sep 2022, 12:00 WIB
Ikan tuna dan cakalang. (Dok KKP)
Ikan tuna dan cakalang. (Dok KKP)

Liputan6.com, Manado - Ikan cakalang umum dijumpai di laut tropis dan subtropis, seperti di Samudra Hindia, Samudra Pasifik, dan Samudra Atlantik. Umumnya, cakalang hidup bergerombol dalam kawanan berjumlah besar, mencapai 50 ribu ekor ikan.

Ikan cakalang adalah ikan bernilai komersial tinggi, dan dijual dalam bentuk segar, beku, atau diproses sebagai ikan kaleng, ikan kering, atau ikan asap. Cakalang merupakan salah satu sumber protein hewani dengan kandungan omega 3 yang dibutuhkan tubuh.

Di Manado, ikan cakalang bisa diolah menjadi berbagai masakan yang menggugah selera.

Berikut lima olahan ikan cakalang Manado yang lezat dan banyak diminati masyarakat Manado maupun masyarakat daerah lain:

1. Abon cakalang

Cakalang yang punya daging tebal dan padat sangat cocok dijadikan abon. Lauk pauk yang juga menjadi oleh-oleh khas Manado ini selain enak juga mengandung banyak nutrisi.

Abon cakalang bisa kamu coba buat sendiri di rumah dengan pilihan bahan ikan cakalang segar. Daging ikan cakalang tersebut digoreng sebentar, lalu ditumis bersama bumbu hingga mengering dengan menggunakan api kecil.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:


Cakalang Garo Rica

2. Cakalang garo rica

Olahan garo rica Manado memiliki banyak jenis. Ada yang menggunakan daging ayam, sapi, babi, hingga ikan.

Namun, ikan cakalang banyak dipilih karena merupakan ciri khas pasokan ikan terpopuler di Sulawesi. Menu cakalang garo rica khas Manado memiliki rasa pedas nikmat dengan campuran rempah.

Sajian yang memadukan ikan goreng dengan bumbu sambal yang ekstra pedas ini cukup dimasak dengan proses yang sederhana. Aroma rempah yang berasal dari serai, daun jeruk purut, dan kemangi akan menambah kelezatan sajian ini.

3. Cakalang sambal dabu-dabu

Cakalang sambal dabu-dabu menjadi olahan berbahan dasar ikan cakalang yang paling mudah diolah. Ikan cakalang hanya perlu digoreng lalu diberi sambal dabu-dabu segar.

Sambal dabu-dabu berisi irisan cabai rawit, cabai merah, bawang merah, serta tomat yang ditambah dengan bumbu penyedap, seperti garam, penyedap, dan jeruk nipis. Tak lupa minyak panas ditambahkan pada campuran bahan-bahan tersebut.

Sambal dabu-dabu memiliki cita rasa pedas segar yang tak pernah gagal membuat nafsu makan meningkat. Sajian ini sangat cocok dijadikan santapan saat berkumpul bersama keluarga.

 


Cakalang Fufu

4. Pampis cakalang atau cakalang fufu

Pampis menjadi salah satu olahan khas Manado yang banyak dicari wisatawan. Tak heran karena sajian ini memiliki cita rasa yang gurih sekaligus pedas.

Pampis cakalang juga biasa disebut cakalang fufu atau cakalang suwir. Cakalang fufu adalah ikan cakalang yang diawetkan dengan cara diasap.

Sajian ini dimasak dengan cara mengukus ikan cakalang yang telah diasap, kemudian disuwir-suwir dan ditumis bersama bumbu halus. Bumbu halusnya hanya terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai, dan jahe.

5. Woku cakalang

Woku cakalang bisa jadi alternatif kuliner yang wajib dicoba saat ke Manado karena rasanya yang segar dan kaya rempah. Woku cakalang tidak meninggalkan aroma amis khas ikan atau anti amis.

Pasalnya, sebelum dimasak, biasanya ikan selalu diberi perasan jeruk nipis terlebih dahulu. Sehingga kuah yang dihasilkan pun terasa nikmat dan bikin ketagihan.

(Resla Aknaita Chak)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya