Mengharukan, Polres Garut Bikin Warga yang 38 Tahun Terkapar Kembali Tersenyum

Program Jumat Berkah merupakan bentuk kepedulian polres Garut untuk meringankan beban sesama, yang berasal dari laporan tiap Polsek di wilayah hukum Garut.

oleh Jayadi Supriadin diperbarui 11 Des 2022, 21:00 WIB
Diterbitkan 11 Des 2022, 21:00 WIB
Kapolres Garut AKBP Wirdhanto Hadicaksono, menyerahkan satu unit kursi roda dan uang 'kadeudeuh' dalam program rutin 'Jumat Berkah' polres Garut. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)
Kapolres Garut AKBP Wirdhanto Hadicaksono, menyerahkan satu unit kursi roda dan uang 'kadeudeuh' dalam program rutin 'Jumat Berkah' polres Garut. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Liputan6.com, Garut - Nyaris terbaring sepanjang hidup, keceriaan Siti Rubiah, 38 tahun, warga Kampung Sarjambe, Desa Cangkuang, Kecamatan Leles, Garut, Jawa Barat, penderita polio akhirnya bersemburat, saat menerima kunjungan rombongan Kepolisian Resor (Polres) Garut.

Dipimpin langsung Kapolres Garut AKBP Wirdhanto Hadicaksono, peraih bintang penghargaan Adhi Makayasa 2003 tersebut menyerahkan satu unit kursi roda dan uang 'kadeudeuh' dalam program rutin 'Jumat Berkah' Polres Garut.

"Saya kebetulan punya bibi menderita polio juga, jadi ikut merasakan bagaimana kondisinya beliau," ujar dia, selepas memberikan kursi roda, Jumat (9/12/2022).

Menurutnya, program Jumat Berkah merupakan bentuk kepedulian polres Garut untuk meringankan beban sesama, yang berasal dari laporan tiap Polsek di wilayah hukum Garut.

"Kemudian kami seleksi, Siti Rubiah putrinya ibu Solihah ini salah satunya yang berhak mendapatkan bantuan kali ini," ujarnya.

Penderitaan Siti memang beralasan, berlantaikan ubin zaman dulu, rumah bilik dengan atap genteng yang ia tempati selama ini, memang terlihat rapuh dan layak mendapatkan bantuan.

"Ketulan ayahnya Ketua RT (rukun tetangga) di sini, jadi kami datang ke sini memberikan kursi roda dan sedikit santunan," kata dia.

Siti diketahui mengalami penyakit tersebut saat berusia tiga bulan, hingga akhirnya menghabiskan sebagian besar hidupnya dengan memprihatinkan. "Sejak usia tiga bulan memang Siti sudah diketahui menderita polio," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Ini:


Kehadiran Polisi

Wirdhanto berharap, hadirnya bantuan program Jumat Berkah Polres Garut, mampu memberi ruang kehadiran polisi di tengah masyarakat.

"Ini semua dari keluarga besar Polres Garut, mohon doanya buat Polri dan Polres Garut, agar bisa melayani masyarakat dengan baik," ujarnya.

Selain kursi roda, beberapa rumah warga sekitar tak luput mendapat uang kadeudeuh Polres Garut. Ditemani beberapa petugas, terlihat beberapa kali Wirdhanto menyambangi rumah warga layak bantu, untuk memberikan uang santunan.

"Semoga santunan ini bisa digunakan bapak untuk berobat," ujar dia, di salah satu rumah warga, saat menjenguk pemilik rumah yang tengah terkulai sakit.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya