Waspada, Cirebon Masuk Lintasan Sesar Baribis

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cirebon mengungkapkan hasil penelitian terbaru

oleh Panji Prayitno diperbarui 27 Des 2022, 00:00 WIB
Diterbitkan 27 Des 2022, 00:00 WIB
Waspada, Cirebon Masuk Lintasan Sesar Baribis
Kepala BPBD Kabupaten Cirebon sedang menunjukkan wilayah yang terkena sesar baribis di Cirebon. (Istimewa)

Liputan6.com, Cirebon - Gempa yang sempat terjadi di Kabupaten Kuningan Jawa Barat sempat terasa sampai wilayah Cirebon. Meski berdekatan, kondisi tersebut dirasakan bukan tanpa alasan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cirebon mengungkapkan hasil penelitian terbaru terkait sesar gempa. Kepala BPBD Kabupaten Cirebon, Alex Suheriyawan mengatakan, terdapat sesar yang perlu diwaspadai di Kabupaten Cirebon.

Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh ITB menemukan bahwa Kabupaten Cirebon masuk dalam wilayah lintasan sesar baribis

Alex mengatakan ada sejumlah wilayah Kecamatan di Kabupaten Cirebon yang dilintasi oleh sesar baribis. Meskipun dalam penelitian itu sesar yang ada di Kabupaten Cirebon tidak sebesar di wilayah lain.

"Hampir keseluruhan wilayah Kabupaten Cirebon terkena garis sesar di antaranya Sumber, Mundu, Lemahabang sampai Susukanlebak," jelasnya sambil menunjukan visual sesar, Minggu (25/12/2022).

Oleh karena itu, di titik krusial tersebut harus menjadi skala prioritas untuk dilakukan sosialisasi mengenai gempa bumi yang diakibatkan pergerakan sesar.

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Ini:


Antisipasi

Menurutnya, antisipasi bencana gempa sangat perlu ditingkatkan terutama mengantisipasi secara digital dalam bentuk sosialisasi BMKG.

Ia menekankan dalam melakukan sosialisasi perlu dirumuskan bersama karena yang berkaitan dengan gempa harus tetap menjaga kondusifitas masyarakat.

"Besar harapan meskipun masuk dalam sesar baribis dan sepertinya tidak berdampak secara luas karena ada di titik tertentu," ujarnya.

Ia juga menekankan masyarakat diharapkan supaya tidak mempercayai informasi yang beredar terkecuali informasi resmi dari BPBD.

"Kami himbau kepada masyarakat saat ada kejadian berbagai macam bencana, selain itu juga harus bisa diantisipasi oleh pemerintah setempat sedini mungkin supaya bencana bisa diminimalisir," kata dia.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya