Wisata Baru hingga Kesiapan Kuningan Jawa Barat Sambut Cuti Lebaran Idul Fitri 2023

Hingga saat ini ada 174 objek wisata Kabupaten Kuningan yang siap melayani pengunjung dan tidak menutup kemungkinan banyak wisata baru bermunculan

oleh Panji Prayitno diperbarui 24 Apr 2023, 17:00 WIB
Diterbitkan 24 Apr 2023, 17:00 WIB
Wisata Baru Hingga Kesiapan Kuningan Jawa Barat Sambut Cuti Lebaran Idul Fitri 2023
Sejumlah pengunjung saat menikmati liburan di wisata Talaga Cicerem Kabupaten Kuningan. Foto (Istimewa)

Liputan6.com, Kuningan - Kabupaten Kuningan Jawa Barat menjadi salah satu daerah yang banyak dikunjungi wisatawan pada hari ketiga lebaran Idul Fitri 2023. 

Polres Kuningan sudah siaga menempatkan personilnya di kawasan objek wisata. Termasuk siaga rekayasa lalu lintas apabila terjadi kepadatan kendaraan di Kabupaten Kuningan Jawa Barat.

Kesiapan menyambut kedatangan wisatawan saat cuti lebaran Idul Fitri 2023 juga oleh pemda setempat. Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kuningan, Toto Toharudin mengatakan, menurunkan 5 tim satgas untuk memantau wisatawan di objek wisata Kabupaten Kuningan. 

"Kami sudah siap 100 persen menyambut wisatawan. Tim sudah turun dan memastikan pelayanan kepada pengunjung baik termasuk menerapkan CHSE dan tetap mematuhi protokol kesehatan," kata Toto, Senin (24/4/2023).

Toto menyebutkan, hingga saat ini ada 174 objek wisata Kuningan Jawa Barat yang siap melayani pengunjung. Termasuk objek wisata baru yang muncul menyambut euforia libur lebaran 2023. 

Toto menjelaskan, karakter wisatawan yang datang ke Kabupaten Kuningan mulai dari menikmati alam pengunungan, berenang hingga kuliner. 

Untuk wilayah utara Kabupaten Kuningn terdapat Telaga Cicerem, JnJ, Zam-zam pool, Cibulan, Woodland. Untuk wilayah selatan dan barat terdapat wisata pegunungan salah satunya Arunika. 

"Banyak objek wisata di Kuningan juga yang memang sebelumnya berbenah menambah fasilitas seperti kebun binatang mini," ujar Toto.

Toto menargetkan jumlah wisatawan yang datang ke Kuningan pada momentum libur lebaran 2023 ini sebanyak 300 ribu orang. Target tersebut meningkat dari jumlah kunjungan pada tahun 2022 lalu mencapai 180 ribu.

Dia menjelaskan, ada tren berbeda yang membuat kunjungan wisata meningkat. Selain sudah dinyatakan bebas Covid-19, hasil survei nasional menyebutkan pengunjung wisata di Indonesis naik 25 persen. 

"Target kami di Kabupaten Kuningan bisa diatas 100 persen. Tidak hanya dari kunjungan wisata tapi dari hunian hotel sampai ke kuliner juga," kata Toto.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Puncak Kunjungan Wisata

Rata-rata pengunjung yang datang berasal dari, perantau yang pulang kampung, kemudian Cirebon dan Indramayu. Sisanya dari Majalengka dan Brebes.

Untuk meningkatkan rasa aman dan nyaman pengunjung, Pemkab Kuningan menerjunkan tim yang terdiri dari lintas sektoral. 

Termasuk tim kesehatan dari Dinkes Kuningan yang mengintruksikan membuka layanan puskesmas buka 1x24 jam. 

"Hanya beberapa puskesmas yang terutama di kawasan wisata agar memastikan layanan maksimal," ujar Toto.

Sementara itu, Toto memprediksi puncak kunjungan wisata pada momen libur lebaran idul fitri 2023 pada hari Senin, 24 April 2023 dan Selasa 25 April 2023. 

Toto berharap pengunjung merasan aman dan nyaman menikmati masa libur lebaran 2023 di Kabupaten Kuningan ini. 

"Kami selalu memantau dan monitoring terus agar maksimal melayani pengunjung yang berwisata," kata Toto.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya