Gibran Beberkan Trik Bacaleg PDIP Solo Bisa Raih Banyak Suara

Gibran Rakabuming Raka memberikan cara menggaet suara kepada para bacaleg PDIP yang baru. Pasalnya, bacaleg PDIP saat ini banyak wajah-wajah baru dan muda.

oleh Fajar Abrori diperbarui 12 Mei 2023, 07:00 WIB
Diterbitkan 12 Mei 2023, 07:00 WIB
Gibran Lepas Bacaleg PDIP Solo
Gibran Rakabuming Raka melepas bakal caleg PDIP Solo untuk mendaftar ke Kantor KPU Solo, Kamis (11/5).(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Liputan6.com, Solo - Sebanyak 45 bakal calon legislatif (bacaleg) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo, Kamis (11/5/2023). Putra sulung Presiden Jokowi yang juga kader partai berlambang kepala banteng moncong putih itu didaulat untuk melepas keberangkatan para bakal caleg menuju Kantor KPU Solo.

Para bakal caleg PDIP itu berkumpul di Kantor DPC PDIP Solo yang beralamat di Jalan Hasanudin, Brengosan, Laweyan, Solo. Bakal caleg laki-laki tampak mengenakan busana lurik berwarna merah dan memakai ikat kepala. Sedangkan, untuk bakal caleg perempuan mengenakan busana kebaya lurik berwarna merah.

Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo menyebutkan terdapat 45 bacaleg yang didaftarkan ke KPU Solo. Sebagian besar bacaleg itu merupakan anak muda. Sedangkan, bakal caleg yang termuda untuk maju dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 itu berusia 27 tahun.

"Sebanyak 21 orang bakal caleg merupakan wajah baru. Dalam hal ini mereka itu petugas partai bukan jongos, bukan cari uang untuk partai tetapi mensejahterakan rakyat," kata FX Hadi Rudyatmo yang merupakan mantan Wali Kota Solo.


Gibran Bagi Trik

Sementara itu, Gibran Rakabuming Raka sebelum memberikan kata sambutan meminta kepada para bacaleg yang baru untuk maju ke depan. Ia meminta para bacaleg wajah baru yang didominasi generasi muda itu untuk berdiri di belakangnnya. Sedangkan bacaleg petahana diminta untuk tetap duduk di kursi.

"Yang baru ya. Mohon maaf untuk bapak dan ibu yang incumbent, ini kan sudah pasti jadi sehingga nggak perlu dibantu. Ini PR kita yang masih baru-baru ini," ujar Gibran.

Dia mengaku senang karena banyak bakal caleg muda yang diusung partai berlambang kepala banteng moncong putih dalam Pileg 2024 mendatang. Selain itu, ia juga memuji kepada jajaran pengurus partai karena juga memberikan perhatian yang lebih kepada bacaleg perempuan dalam Pileg mendatang.

"Saya yakin target 35 kursi itu bisa tercapai. Tinggal menyelesaikan PR-PR kecil saja. Kemarin saya sudah sampaikan ke Ketua Bapilu Mas Her Suprabu, intinya kita lebih bisa menyasar bukan hanya milenial saja tetapi juga Gen Z, anak-anak muda yang baru pertama kali nyoblos," kata dia.


Gibran Ajak Bacaleg Dekati Rakyat

Selain itu, Gibran yang juga Wali Kota Solo itu juge memberikan kesempatan kepada para bacaleg PDIP itu untuk menempel dirinya saat melakukan kunjungan kerja. Pasalnya, pada akhir Mei hingga Juni nanti bakal banyak event yang digelar di Solo dan peresmian infrastruktur di Kota Solo. Dengan cara itu, ia pun menyakini para bacaleg bisa lebih dekat kepada calon konstituen dan bisa menyerap aspirasi warga.

"Monggo tidak usah saya suruh, kalau ingin nempel saya, nempel terus di acara-acara besar itu. Dibanyak-banyakin ketemu warga, dibanyak-banyakin ketemu anak-anak milenial Gen Z anak-anak yang pertama kali nyoblos," ujar dia.

Itu saya kira suara-suara yang belum pernah disentuh, suara-suara yang belum pernah dirangkul. Dan itu suara-suara besar dan saya yakin jadi modal untuk kemenangan kita semua," dia menambahkan.

Setelah semua bakal caleg kumpul, kemudian Gibran diperintah Ketua DPC PDIP Solo untuk melepas keberangkatan bakal caleg dari Kantor PDIP Solo menuju Kantor KPU Solo. Selain naik sepeda onthel, bacaleg perempuan naik bendi menuju tempat pendaftaran di KPU.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya