6 Tempat Makan Dekat Masjid Raya Syeikh Zayed Solo, Dapat Ditempuh dengan Jalan Kaki

Selesai berkunjung dan beribadah, wisatawan dapat mengunjungi berbagai tempat makan terdekat dari Masjid Raya Syeikh Zayed.

oleh Tifani diperbarui 18 Mei 2023, 06:00 WIB
Diterbitkan 18 Mei 2023, 06:00 WIB
Desain Masjid  Syeikh Zayed Solo
Gibran Rakabuming memperlihatkan desain Masjid Syeikh Zayed di Solo, Jawa Tengah (dok.instagram/@gibran_rakabuming/https://www.instagram.com/p/CNEl7quhAAu/Komarudin)

Liputan6.com, Solo - Masjid Syeikh Zayed Solo dibangun sebagai simbol persahabatan negara Indonesia dengan Uni Emirat Arab (UEA). Masjid ini telah diresmikan sejak 14 November 2022 oleh Presiden Joko Widodo bersama Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Zayed Al Nahyan.

Meskipun memiliki ornamen bangunan khas Timur Tengah, masjid ini juga tetap memiliki sentuhan unsur budaya asli Indonesia. Masjid Raya Syeikh Zayed kini menjadi salah satu destinasi wisata religi Solo, Jawa Tengah.

Selesai berkunjung dan beribadah, wisatawan dapat mengunjungi berbagai tempat makan terdekat dari Masjid Raya Syeikh Zayed. Dikutip dari berbagai sumber, berikut tempat makan dekat Masjid Syeikh Zayed Solo.

1. Sate Ayam Madura Cak Munir

Sate Madura Cak Munir beralamat di Jalan Ahmad Yani Nomor 114, Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta. Sate Madura Cak Munir menawarkan Satai Madura dengan potongan daging ayam, lengkap dengan kuah kacang serta irisan cabai dan bawang merah.

Seporsi satai ayam di tempat ini dibanderol mulai dari Rp 5000-Rp 27.000 per porsinya. Warung satai di dekat Masjid Raya Syeikh Zayed ini buka 24 jam setiap harinya.

2. Nasi Goreng Sambalado

Nasi Goreng Sambalado berada di Jalan Ahmad Yani, Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta. Tempat makan ini berada tepat di depan Masjid Raya Syeikh Zayed.

Aneka menu yang disajikan tempat makan ini antara lain, nasi goreng pedas, nasi goreng ampela dan nasi goreng babat. Aneka masakan tersebut dibanderol dengan harga mulai dari Rp 15.000-Rp 30.000.

Nasi Goreng Sambalado buka setiap hari, mulai pukul 15.00-02.00 WIB.

3. Ayam Goreng Abdullah

Ayam Goreng Abdullah beralamat di Jalan Letjen S. Parman, Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta. Menu yang ditawarkan cukup beragam, mulai dari ayam goreng bandung, bebek goreng pete, dan kepala ayam.

Harga menu makanannya berkisar antara Rp 25.000-Rp 30.000. Ayam Goreng Khas Abdullah buka hari Kamis-Rabu, mulai pukul 17.00-23.00 WIB.

4. Nasi Ayam Pecel

Nasi Ayam Pecel Lalapan berada di Jalan Ahmad Yani Nomor 124, Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta. Tempat makan ini sangat dekat dengan Masjid Raya Syeikh Zayed, sehingga wisatawan dapat mengunjunginya dengan berjalan kaki.

Aneka menu yang dijajakan tempat makan ini cukup variatif, mulai dari nasi goreng ayam, pecel ayam dan nasi ayam sambal lengkap dengan lalapan. Harganya juga cukup terjangkau, mulai dari Rp 10.000 - Rp 20.000 per porsinya.

Nasi Ayam Pecel ini buka Rabu-Senin, mulai pukul 11.00 - 21.00 WIB.

 


Sate Kambing Bang Tigor

5. Sate Kambing Bang Tigor

Sate Bang Tigor beralamat di Jalan Ahmad Yani Nomor 98, Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta. Warung makan satai ini terletak di Timur Masjid Raya Syeikh Zayed.

Aneka makanan yang ditawarkan adalah satai kambing dengan kuah kacang, tongseng dan nasi goreng. Harganya berkisar antara Rp15.000- Rp25.000.

Sate Kambing Bang Tigor buka setiap hari, mulai pukul 09.00 sampai dengan 17.00 WIB.

6. Nasi Goreng Babat Gongso Gilingan Khas Semarangan

Nasi Goreng Khas Semarangan beralamat di Jalan Ahmad Yani Nomor 215, Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta. Aneka menu yang dapat dicoba ada nasi goreng babat, nasi goreng ayam, dan gongso iga.

Harga aneka menu dibanderol mulai dari Rp 17.000-an. Nasi Goreng Khas Semarangan buka setiap hari, mulai pukul 16.00-00.00 WIB.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya