Seru, Intip 7 Pengalaman Menyenangkan Saat Traveling Naik Kereta Api

Traveling adalah kegiatan paling menyenangkan apalagi menggunakan sarana transportasi kereta api.

oleh Dewi Divianta diperbarui 12 Jul 2023, 18:00 WIB
Diterbitkan 12 Jul 2023, 18:00 WIB
FOTO: PT KAI Tambah Perjalanan Kereta Api Jarak jauh
Penambahan Perjalanan KA Jarak jauh: Kereta jarak jauh tiba di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Jumat (10/7/2020). PT KAI telah mengoperasikan lima perjalanan kereta jarak jauh untuk tujuan Bandung, Cirebon, dan Surabaya mulai Jumat 10 Juli 2020. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Traveling, berlibur atau berwisata adalah saat yang menyenangkan, traveling biasanya dilakukan saat hari libur, musim liburan atau bahkan ketika akhir pekan. Berbagai macam sarana transportasi umum atau kendaraan pribadi dapat kita gunakan saat berwisata. 

Tahukah Anda, bepergian dengan menggunakan kereta api banyak memberikan pengalaman seru, untuk diketahui Indonesia negara paling banyak masyarakatnya yang sering menggunakan transportasi ini.

Liputan6.com merangkum aneka pengalaman menarik dengan bepergian menggunakan kereta mulai dari saat naik hhingga tiba di tempat tujuan.

1. Pemandangan Indah  

Tak heran ketika sedang menaiki kereta api kita akan sering melalui kota lain di Pulau Jawa, aneka pemandangan  yang menyejukkan mata seperti persawahan, pegunungan, dan suasana tengah kota di suatu daerah. Ketika kereta api yang membawa kita melintasi area persawahan suasana ketenangan di hati muncul, apalagi traveler bisa melihat pemandangan hijau yang membentang dalam waktu yang lama.

Pemandangan nan menyejukkan tersebut dapat melepas kejenuhan serta kepenatan rutinitas pekerjaan sehari-hari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Keseruan Menikmati Perjalanan

20160705-Pesona Jembatan Kereta Api Aktif Terpanjang di Indonesia-Bandung
Kereta melintasi Jembatan Cikubang, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, 5 Juli 2016. Pemandangan struktur jembatan yang melayang diantara perbukitan ini kerap membuat wisatawan berhenti sejenak untuk menyaksikan keindahannya (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

2. Sunrise dan Sunset

Jika beruntung ada beberapa jadwal kereta api yang melintasi wilayah pegunungan dan pemandangan hamparan persawahan dengan memamerkan warna jingga keemasan pada pagi hari atau pun sore hari. Ya, dengan bepergian menggunakan kereta api, Anda bisa menikmati indahnya pemandangan sunrise atau sunset.

3. Anti Macet

Bepergian dengan menggunakan kereta api dapat dikatakan anti macet, karena kereta api memiliki jalur sendiri yang tak diganggu lalu lintas kendaraan lain. Kereta api akan berangkat dan tiba sesuai jadwal estimasi yang tertulis ketika Anda memesan tiket perjalanan.


Tiket Ramah Kantong

4. Harga Tiket Terjangkau

Bepergian dengan menggunakan transportasi kereta api memiliki keunggulan yaitu harga tiket yang lebih terjangkau. Apabila dibandingkan dengan menggunakan pesawat terbang, tentunya tiket kereta api jauh lebih terjangkau. Harga yang lebih murah ini menjadi salah satu keunggulan menggunakan kereta api.

5. Kenalan dengan Teman Baru

Para penumpang kereta api bisa memanfaatkan berkenalan dengan penumpang lainnya untuk mendapatkan pengalaman seru perjalanan dengan teman baru. Dengan berkenalan dengan orang baru perjalanan naik kereta tak sedikit traveler yang menemukan jodoh dari perjalanan mereka menggunakan kereta api.

6. Tanpa Pedagang Asongan

Sudah beberapa kurun waktu belakangan ini Indonesia mulai mmeberlakukan tanpa adanya pedagang asongan di dalam gerbong-gerbong kereta api. Hasilnya, suasana gerbong saat ini lebih bersih dan tertata apik, jika kita lapar ada kafe khusus untuk bisa memesan makanan atau minuman ketika ada petugas kereta api yang lewat atau membeli makanan ketika kereta berhenti.

7. Fasilitas Lengkap

Untuk diketahui fasilitas kereta api di Indonesia dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan. Tak hanya gerbong-gerbong kereta yang lebih bersih, bagus dan modern, selain itu kebutuhan para penumpang kini semakin komplit. Para penumpang kereta api kini sudah mendapatkan fasilitas air minum, colokan pengecas handphone, televisi LED, dan tentunya toilet.

Bahkan Anda kini dapat menikmati layanan wifi gratis di atas kereta api sehingga para penumpang dapat tetap mengakses internet saat berada di dalamnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya