Kelezatan Semur Daging Sapi Bikin Omay Komariah Juarai Kompetisi Memasak di Medan

Menu sajian semur daging sapi mengantarkan seorang Ibu Rumah Tangga (IRT) di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), keluar sebagai juara pertama pada kompetisi memasak yang berlangsung di Plaza Medan Fair, Jalan Gatot Subroto.

oleh Reza Efendi diperbarui 26 Agu 2023, 19:06 WIB
Diterbitkan 26 Agu 2023, 19:06 WIB
Omay Komariah
Omay Komariah dengan menu sajian semur daging sapi keluar sebagai juara pertama pada kompetisi memasak yang berlangsung di Plaza Medan Fair, Jalan Gatot Subroto, Sabtu (26/8/2023).

Liputan6.com, Medan Menu sajian semur daging sapi mengantarkan seorang Ibu Rumah Tangga (IRT) di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), keluar sebagai juara pertama pada kompetisi memasak yang berlangsung di Plaza Medan Fair, Jalan Gatot Subroto.

IRT tersebut bernama Omay Komariah. Dia menjadi pemenang kompetisi memasak Bright Gas Cooking Competition 2023 yang diselenggarakan PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut).

Omay Komariah dengan menu andalannya, semur daging sapi, mampu mengalahkan 28 peserta lainnya dalam kompetisi memasak mengangkat tema "Masakan Rumahan Andalan Keluarga".

"Saya tidak menyangka menang, dan juara," kata Omay.

Setelah keluar sebagai juara, Omay berhak membawa pulang uang tunai Rp 15 Juta dan satu set alat masak premium dari Pertamina. Awalnya, Omay sempat tidak percaya diri dengan masakan yang diolahnya, yaitu semur daging sapi. Karena, dewan juri mendemokan masakan dengan jenis sama.

"Karena caranya berbeda, ada bahan sedikit berbeda, jadi dinilai juri masakan ini unik. Semur, tapi pakai santan," ujarnya.

Diakui Omay, dirinya juga sempat tidak percaya diri memasak menggunakan Bright Gas ukuran kecil, seperti daging yang dimasak takutnya tidak empuk. Ternyata, ketakutannya tertepis dan alhasil masakan semur daging sapi miliknya mendapat nilai tertinggi.

"Terbukti dagingnya empuk dan mateng, enak, lalu juara," ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Spontan Tanpa Rencana

Kompetisi Memasak
Bright Gas Cooking Competition 2023 yang diselenggarakan PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut).

Diakui Omay Komariah, ide untuk menu yang diolahnya spontan begitu saja. Karena semua bahan untuk dimasak disiapkan Pertamina dan tidak diketahui. Apalagi, dirinya berasal dari Kota Bogor, yang biasa memasak semur pakai santan.

"Jadi, semur daging menggunakan santan itu merupakan semur daging Bogor, sering menjadi menu makanan dalam keluarga sejak kecil. Itu semur bukan dari Medan, tapi semur Bogor," ungkapnya.

Diungkapkan Omay, dirinya juga pernah ikut dalam kompetisi yang sama pada tahun lalu. Namun saat itu lomba masak ini berkelompok atau grup, dan mereka menang tingkat Kota Medan. Lanjut grand final di Jakarta, tidak juara.

"Saya juga sudah terpikir dan menyiapkan menu andalan pada sesi Grand Final Bright Gas Cooking Competition 2023 di Jakarta," sebutnya.

Dalam Bright Gas Cooking Competition 2023 ini Juara 2 Puguh Kristanto, Gulai Sapi ala Gultik Blok M, Juara 3 Julaeha, Bola-bola Daging Asam Padeh, Harapan I Qodri, Asem-Asem Daging, dan Harapan II Lulu Ramadani, Sambalado Jawa.


Mencari Potensi Chef Rumahan

Kompetisi Memasak
Sales Branch Manager Rayon I Medan, PT Pertamina Patra Niaga Sumbagut, Sigit Wicaksono HP

Bright Gas Cooking Competition mencari potensi 'Chef Rumahan' dengan hidangan rumahan yang menjadi andalan melalui kompetisi memasak bersama Bright Gas. Diselenggarakan di 4 kota besar di Indonesia, yakni Surabaya, Makassar, Medan, dan Jakarta selama periode 10 Juli hingga 9 September 2023.

Mengusung tema 'Masakan Rumahan Andalan Keluarga', lebih dari 750 peserta berasal dari seluruh penjuru Indonesia telah mendaftar sejak pendaftaran dibuka. Pendaftaran cukup mudah, cukup menceritakan kreasi makanan rumah yang menjadi andalan keluarga yang dimasak menggunakan si Pinky Bright Gas.

Kompetisi di tahun 2023 hadir lebih spesial karena perdana diselenggarakan di 4 kota. Penyisihan awal diselenggarakan di Surabaya, 29 Juli 2023, Makassar, 12 Agustus 2023, Medan, 26 Agustus 2023, dan grand final di Jakarta, 2 September 2023.

Tahap penyisihan awal ada 30 peserta terpilih memperebutkan Top 3. Kemudian, 3 finalis yang lolos di Tahap Penyisihan dari masing-masing kota diundang ke Tahap Grand Final di Jakarta, 9 September 2023, untuk memperebutkan hadiah total senilai ratusan juta rupiah dan kursus memasak eksklusif berstandar internasional di Singapura.

Sales Branch Manager Rayon I Medan, PT Pertamina Patra Niaga Sumbagut, Sigit Wicaksono HP mengungkapkan, Bright Gas Cooking Competition 2023 di Kota Medan diikuti 29 peserta.

"Dilakukan babak penyisihan, total 29 peserta, mendapatkan lima pemenang dan tiga peserta final. Yang juara mendapatkan kelas master cooking di luar negeri, mendapatkan hadiah, alat masak premium, dan masuk grand final di Jakarta," kata Sigit.

Dijelaskannya,tujuan Pertamina menyelenggarakan kegiatan ini, pertama memperkenankan Bright Gas, yang merupakan produk unggulan Pertamina, yang cocok untuk rumah tangga, dan juga untuk usaha.

"Juga memberikan apresiasi kepada pengguna setia Bright Gas untuk bakat masak terbaik," tandasnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya