BMKG Ingatkan Warga Sulut Antisipasi Banjir di Pesisir Selatan

Wilayah pesisir selatan mencakup, Ratahan, Ratatotok, Kotabunan, termasuk pesisir selatan dan timur Pulau Lembeh-Bitung, pesisir selatan dan timur Sitaro, serta pesisir selatan Sangihe dan Talaud.

oleh Yoseph Ikanubun diperbarui 31 Agu 2023, 01:00 WIB
Diterbitkan 31 Agu 2023, 01:00 WIB
Wilayah pesisir.
Wilayah pesisir.

Liputan6.com, Manado - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan warga di pesisir selatan Sulut mengantisipasi banjir pesisir hingga 2 September 2023.

"Ancaman banjir pesisir di wilayah Sulut sudah dimulai sejak tanggal 28 Agustus 2023, namun yang perlu diwaspadai adalah subuh pukul 02.00 Wita hingga pukul 06.00 Wita," ujar Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Maritim Bitung, Ricky Daniel Aror, Rabu (30/8/2023).

Dia mengatakan, memang lebih spesifik wilayah yang berpotensi terjadi banjir pesisir ini adalah pesisir selatan. Wilayah pesisir selatan mencakup, Ratahan, Ratatotok, Kotabunan, termasuk pesisir selatan dan timur Pulau Lembeh-Bitung, pesisir selatan dan timur Sitaro, serta pesisir selatan Sangihe dan Talaud.

"Jadi potensi banjir pesisir ini tidak terjadi sepanjang hari, namun hanya di periode itu yakni pukul 02.00 Wita hingga pukul 06.00 Wita," ujarnya.

Karena itu, upaya yang bisa dilakukan adalah meningkatkan kewaspadaan apalagi intensitas kecepatan angin selatan tergolong tinggi .

Kondisi ini dapat menyebabkan masuknya air laut di daerah pesisir karena memang angin dari selatan dan arah gerak gelombang dari selatan.

"Ketinggian gelombang di pesisir diperkirakan bisa mencapai satu sampai satu setengah meter," katanya.

Dia menambahkan, potensi banjir pesisir ini secara umum dapat berdampak pada aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya