Ada Booth Gratis Untuk UMKM Berpameran di Semarang

Clothing lokal dengan pemain para milenial dan Gen Z mendapat support berupa booth selama even berlangsung.

oleh Felek Wahyu diperbarui 21 Sep 2023, 20:34 WIB
Diterbitkan 21 Sep 2023, 20:34 WIB
Umkm
Pemburu produk lokal berkualitas memadati event clothing lokal brand. Foto: liputan6.com/Felek Wahyu

Liputan6.com, Semarang - Pertumbuhan UMKM Indonesia yang semakin baik menjadi perhatian khusus. Terbukti pertumbuhan UMKM ini mampu menekan angka resesi di Indonesia, terutama tahun 2023.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UMKM) tahun 2022 UMKM di Tanah Air tercatat tumbuh baik. Angkanya sudah mencapai 8,71 juta unit. Tentu saja clothing lokal termasuk bagian di dalamnya. 

Hal ini kemudian menjadi perhatian khusus bagi Partai Amanat Nasional. PAN melihat berbagai potensi bisa dioptimalkan dengan membantu pergerakan clothing lokal, yang kebanyakan pengggiatnya adalah kaum milenial dan Gen Z. 

Gerak cepat PAN langsung menggandeng JakCloth untuk mengoptimalkan potensi UMKM secara lebih nyata. JakCloth merupakan wadah dan penggagas utama tumbuhnya clothing lokal di Indonesia. 

Ribuan clothing lokal terbangun dan berangkat dari JakCloth. Sebagai awal kerjasama PAN dengan JakCloth akan diselenggarakan di Semarang, di Wonderia, 6-8 Oktober 2023.

Menurut Perdana Kusuma event manager JakCloth, kerjasama itu langsung disambut dengan baik.

“Kami menyambut baik kerjasama ini, PAN akan mendukung UMKM clothing lokal dengan memberikan fasilitas booth gratis di kota Semarang ini,” kata Perdana Kusuma, Kamis (21/09/23) 

“Tidak hanya clothing saja, untuk UMKM kuliner juga kami berikan gratis,” katanya.

Dengan terjalinnya kerjasama JakCloth dengan partai PAN harapannya awareness masyarakat terhadap produk lokal semakin baik. Pada gilirannya diharapkan berdampak pada meningkatnya jumlah transaksi.

“Kami rasa dengan banyaknya public figure dari partai PAN seperti Eko Patrio, Pasya Ungu, Verrell Bramasta, Uya Kuya, mbak Dessy Ratnasari, dan kawan kawan lainnya bisa membuat kepercayaan masyarakat terhadap produk lokal khususnya clothing menjadi lebih baik dan lebih mudah di terima,” kata Dana Kusuma.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya